oleh

Dipertemuan Bersama 41 Negara Anggota INTOSAI, BPK RI Fokuskan Program Lingkungan

BANDUNG, KICAUNEWS.COM – BPK RI menggelar pertemuan dengan 41 anggota Asosiasi Badan Pemeriksa Keuangan Sedunia (INTOSAI) Working Group on Environmental Auditing (WGEA) untuk membahas berbagai isu lingkungan di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Selasa (17/7/2018).

Pertemuan yang dikemas dalam acara The 18th Assembly Meeting Of INTOSAI WGEA menjadi Momentum BPK RI membahas Program Lingkungan dimana Sejumlah pembicara juga hadir antara lain Auditor General Asutralian National Audit Office (ANAO) dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Dalam sambutan, Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara menuturkan, pertemuan ini menjadi forum untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Ada beberapa isu besar terkait lingkungan yang akan dibahas dalam pertemuan ini.

Lebih rinci dikatakannya, Di antaranya, bagaimana meningkatkan kualitas lingkungan hidup perkotaan, pengelolaan lahan berkelanjutan dan pemeriksaan lingkungan dan masyarakat. Tiga isu itu sesuai dengan tema High-Level Political Forum tahun 2018.

“Badan pemeriksa keuangan harus berperan strategis menjaga kualitas lingkungan serta mendorong pembangunan berkelanjutan. Badan pemeriksa keuangan juga harus memastikan kebijakan, peraturan dan sistem kendali yang dikembangkan pemerintah, dijalankan seharusnya ,” ucap Moermahadi

Selain itu, lanjut dia, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan. Contohnya menyusun standar pemeriksaan, melakukan pemeriksaan dan juga pelatihan untuk anggota working group yang dipusatkan di Jakarta.

“Kita bikin standar, pedoman-pedoman (pemeriksaan),” tandasnya.(Detik/Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru