oleh

Tanpa PDIP, NasDem Akan Tetap Jadi Koalisi Pendukung Jokowi Dalam Pilpres

KICAUNEWS.COM – Meskipun partai utama pendukung Jokowi, PDI Perjuangan mengalami kekalahan dimana-mana,  namun hasil Pilkada Serentak 2018, akan terus memperkuat koalisi pendukung Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang.

“Pak Jokowi ini didukung bukan oleh satu partai, tetapi koalisi partai,” kata Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat Johny G. Plate kepada Jurnalis.

Menurut Johny, partai koalisi pendukung Jokowi saat ini justru banyak meraih kemenangan yang solid dalam pilkada serentak 2018 ini. Hal itu pun, kata Johny merujuk pada kemenangan kandidat yang diusung NasDem, Golkar dan Hanura dibeberapa daerah.

Berdasarkan hasil hitung cepat beberapa  lembaga survei mencatat, partai Nasdem memenangi pemilihan gubernur di 11 provinsi, sedangkan Golkar dan Hanura menang di 9 provinsi. Adapun PDIP hanya memenangi pilgub di 4 provinsi.

“Kemenangan pilkada sebagai satu kesatuan koalisi ini, memperkuat posisi Pak Jokowi dan memberi energi segar baru,” kata Johny.

Meski begitu, menurut Ketua Fraksi Nasdem di DPR ini menambahkan, hasil pilkada tak akan menjadi faktor utama.

Yang lebih penting dalam pilpres tahun depan, tambah Johny, adalah kekuatan koalisi dan kesiapan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Ada pengaruhnya, tapi bukan yang utama. Pilkada ini memberikan energi yang besar supaya lebih yakin,” kata Johny.

Saat ini, NasDem masih konsisten mendukung
Jokowi dalam Pilpres 2019. Dukungan itu, jelas Johny, telah diputuskan melalui rapat kerja nasional Partai Nasdem dan tak akan dipengaruhi hasil pilkada. “Nasdem mendukung karena melihat programnya sesuai kebutuhan rakyat,” jelas Johny. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru