oleh

Permintaan Pengusaha Ke Gubernur Terpilih Jawa Barat, Paling Banyak Soal Investasi

KICAUNEWS.COM – Ketua Apindo Jawa Barat Deddy Widjaya membeberkan sejumlah pekerjaan rumah yang sudah menunggu bagi calon terpilih gubernur Jawa Barat kelak. Deddy ingin pemerintahan baru memperhatikan sektor industri.

“Industri nasional 60 persen ada di Jawa Barat, industri mobil dan motor itu hampir 100 persen juga di Jawa Barat. Artinya ini harus menjadi perhatian besar, karena pendapatan negara, pajak dari  perusahaan-perusahaan tersebut terfokus di sini di Jawa Barat,” kata Deddy.

Deddy mengatakan, ketertarikan investor untuk menanam investasi di Jawa Barat, untuk menciptakan lapangan kerja misalnya, bergantung pada kebijakan gubernur baru kelak.

“Jangan sampai terkesan Jawa Barat tidak kondusif, akhirnya tadinya Jawa Barat sebagai tujuan investasi utama, malah pindah ke tempat lain,” kata Deddy

Menurut Deddy, salah satu masalah yang sensitif di sektor industri tersebut soal perburuhan. “Sangat sensitif sekali masalah perburuhannya,” kata dia.

Deddy mengatakan, mulai dari soal upah, kompetensi, hingga tingkat kesejahteraannya akan berimbas langsung pada perkembangan sektor industri di Jawa Barat. Salah satu intervensi yang diharapkan industri di sektor perburuhan ini adalah sejumlah infrastruktur yang mendukung kerja buruh di seputaran kawasan industri.

“Kalau pemerintah bisa menyiapkan lahan untuk perumahan buruh di kawasan-kawasan terdekat, mereka tidak perlu jauh bekerja, tidak gampang dihasut. Kalau di sekitar kawasan indsutri ada perumahan, ada sekolah, dan lainsebagainya ini akan mempermudah buruh. Pemerintah bisa menyediakan infrastruktur ini, bukan dalam artian bikin jalan seperti itu,” kata Deddy.

Deddy mengatakan, intervensi pemerintah berupa insentif untuk sektor perumahan buruh, hingga akses transportasi misalnya, diyakini bisa meredam desakan buruh yang meminta kenaikan upah tinggi. “Sementara ada survei kelayakan hidup, di sana ada unsur untuk permuaha, dan transportasi, kalau pemerintah menyelesaikan itu, tuntutan itu jadi gak ada. Hal ini tidak akan jadi beban perusahaan,” kata dia.

Baca juga :  Cegah Penyebaran Covid-19, Bhabinkamtibmas Polsek Rancasari Polrestabes Bandung Bagi - Bagi Masker

Deddy mengatakan, gubernur baru juga punya pekerjaan rumah untuk terus menciptakan lapangan kerja. Dia menyarankan, gubernur baru kelak agar memulai memetakan lagi kawasan industri yang tersebar di Jawa Barat.

Saat ini kawasan industri di Jawa Baratterkonsentarasi di daerah utara, terutama di seputaran DKI Jakarta seperti Bekasi, Bogor, Karawang, serta Purwakarta. “Ini harus dipetakan kembali supaya terjadi di dalam Jawa Barat itu pencitaan lapangan kerja, agar pendapatan perkapitanya, lebih merata. Kalau sekarang semua terkonsentrasi di utara, khususnya di seputar Jakarta,” kata Deddy.

Deddy mengatakan, dari hasil hitung cepat, kemungkinan besar Ridwan Kamil, walikota Bandung  saat ini akan menjadi gubernur terpilih. Ridwan dinilai lebih gampang beradaptasi, dan sudah punya pengalaman di pemerintahan. Latar belakang pendidikannya dan pengalamannya sebelum menjadi gubernur juga diharapkan bisa memudahkan menyesuaikan kebijakannya kelak dengan situasi perkembangan terkini. (TEMPO).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru