oleh

PPP Tumbangkan PKB di Pulau Jawa, Bagaimana Nasib Cak Imin ?

KICAUNEWS.COM – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Pilkada Serentak 2018 di Pulau Jawa unggul. Kemenangan PPP di Jawa ini tentunya menjadi makna khusus bagi partai berlambang Ka’bah itu.

Muhammad Qodari, Pengamat Politik dari lembaga Indo Barometer secara khusus menyoroti rivalitas antara PPP dan PKB yang keduanya adalah partai Islam, dan memiliki kemiripan pemilih.

Wilayah Jawa Timur yang biasanya menjadi dominasi PKB dan PDI Perjuangan, dalam Pilkada 2018 ini kondisinya berubah. Pasangan calon yang diusung PKB dan PDI Perjuangan Gus Ipul-Puti Soekarno ini, kalah. Sementara paslon yang diusung PPP Khofifah-Emil menang.

Begitu pun di Jawa Tengah, pada saat Pemilu sebelumnya Patai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini unggul dibandingkan PPP, dalam Pilkada 2018 ini, partai besutan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ini, tumbang oleh PPP.  “Hal ini bisa menjadi momentum (kebangkitan) bagi PPP, ” kata Qodari.

Sedangkan untuk di Jawa Barat sendiri, dua partai Islam ini mengusung pasangan calon yang sama, yaitu Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

Meski begitu, posisi PKB di Jawa Barat hanya menjadi pendukung, sementara PPP di Jawa Barat menempatkan kadernya menjadi Wakil Gubernur.

“Di Jawa Timur, PKB kalah dari PPP, di Jawa Tengah PPP juga menang dari PKB, sementara di Jawa Barat PKB ikut menang dengan PPP, ” tegas Qodari. (haji merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru