oleh

10 Provinsi Pemenangan Pilkada 2018 Versi Hitung Cepat, LSI Denny JA

 

KICAUNEWS.COM – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menetapkan 10 pasang kepala daerah pemenang versi hitung cepat. “Selamat datang kepada 10 gubernur di 10 provinsi. Data dari saya insya allah valid, akurasi  terjaga,” kata Pendiri LSI Denny Januar Ali, di Jakarta Timur.

LSI Denny JA telah memastikan, hasil ini karena update terakhir pada pukul 17.30 WIB data sudah masuk di atas  90 persen. Dalam angka ini, pergerakan tidak terlalu berbeda secara signifikan. “Aman bagi LSI Denny JA untuk memberikan pernyataan,” kata Deni.

Denny menjelaskan, terdapat tiga poin besar sehingga membuat  masing-masing paslon di setiap daerah memimpin dalam survei hitung cepa.

Pertama, kata Denny, paslon memenangkan kantong suara besar di setiap daerah. Menurut dia, di setiap provinsi pasti mempunyai kantong suara besar, kendati poin tersebut  primordialisme dan politik identitas, namun di mata Denny, semua pihak harus mengakui kalau poin ini sangat berpengaruh untuk menentukan pemenang.

“Suka tidak suka politik identitas masih marak. Bila tokoh tersebut  cerdas bisa mengambil potensi ini, maka dia bisa memenangkan pertarungan,” kata

Poin kedua, berkaitan dengan pesona tokoh. Semakin tokoh tersebut mempesona, maka akan semakin dikenal. “Keuntungan tokoh incumbent, bakal semakin terkenal.”

Variabel mempengaruhi kemenangan berhubungan berkaitan erat dengan deru mesin politik selama dua pekan terakhir jelang pencoblosan.

Denny menjelaskan, selama dua pekan menjadi masa migrasi suara terjadi secara masif. Loyalitas pemilih pada tokoh sangat kecil bahkan, pemilih tidak mengenal hidup -mati untuk tokoh idola.

“Kedekatan dengan tokoh tergantung dari isu dan menjadi migrasi besar besaran pemilih terjadi.”

“Terakhir pertarungan Ridwan dengan 2 DM dengan Asyik, kami melihat Asyik memiliki mesin dahsyat dengan PKS bahkan hampir mengejar Ridwan Kamil. justru sekarang menyalip 2DM,” papar Denny. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru