oleh

Tim Seleksi Terbentuk, Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kota/Kabupaten Provinsi DKI Jakarta Dibuka

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Sejalan dengan upaya penguatan terlaksananya nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan bernegara, saat ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memiliki kedudukan dan kewenangan yang semakin menguat.

Sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU No. 7/2017) menyatakan bahwa kedudukan Bawaslu Kabupaten/Kota yang semula bersifat ad-hoc berubah menjadi permanen.

Menguatnya kewenangan yang dimiliki dari sebelumnya terbatas pada pengawasan
pelaksanaan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu, menerima pengaduan, menangani kasus-kasus pelanggaran administrasi, pidana pemilu dan pelanggaran kode etik, menjadikan saat ini Bawaslu berperan juga sebagai eksekutor perkara Pemilu.

Untuk memenuhi amanat UU No. 7/2017, saat ini telah terbentuk Tim Seleksi Calon
Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi DKI Jakarta yang bertugas untuk membantu Bawaslu RI dalam melakukan penjaringan secara terbuka terhadap Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi DKI Jakarta.

Adapun proses penjaringan calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi DKI Jakarta akan dilaksanakan melalui serangkaian tahapan, yaitu; pengumuman pendaftaran, pendaftaran dan penilaian berkas administrasi, tes tertulis yang terdiri dari computerized assisted test (CAT) dan tes psikologi, dan tes kesehatan dan wawancara.

“Dalam melaksanakan tugas tersebut, Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu
Kabupaten/Kota Provinsi DKI Jakarta akan melakukan ikhtiar terbaik bagi terpilihnya
Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi DKI Jakarta yang amanah berdasarkan azas kerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), yaitu; mandiri, jujur, adil berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien.” terang Drs. Miftah Faqih, MA, Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kota/Kabupaten Provinsi DKI, Selasa, (25/06/2018).

Menurut Miftah, untuk setiap tahapan seleksi, tim seleksi akan memperhatikan terpenuhinya keterwakilan seluruh kelompok masyarakat yang sesuai dengan prinsip inklusif, keadilan gender dan menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia.

Baca juga :  Bhabinkamtibmas Polsek Lengkong Polrestabes Bandung, Sosialisasi Kepada Tim Gober Kelurahan Cikawao

“Oleh karenanya, kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat yang memiliki
kualifikasi memadai untuk mendaftarkan diri.” ungkapnya lebih lanjut.

Dari infomasi yang di peroleh waktu pendaftaran dan penyerahan dokumen persyaratan administrasi, sebagai berikut;

No Tahapan Seleksi Tanggal Pelaksanaan
1. Pengumuman Pendaftaran 22 – 28 Juni 2018
2. Penerimaan Pendaftaran 28 Juni – 4 Juli 2018
3. Perbaikan berkas Persyaratan 4 – 6 Juli 2018 ( Arrahmah.co.id )

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru