oleh

Sikapi Soal Radikalisme di Kampus, DPP IARMI DKI Akan Gelar Focus Group Discussion (FGD)

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — dinamika yang saat ini terjadi dilingkungan kampus dengan adanya Radikalisme dipandang perlu harus disikapi dengan serius. Pasalnya, dikampuslah tempat insan akademisi tempat calon pemimpin kedepan yang harus diperhatikan.

Ditambah baru-baru ini ada Pernyataan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mensinyalir diberbagai universitas terdapat gerakan radikalisme yang berazaskan faham tertentu untuk menggantikan Pancasila dan UUD 45 sebagai Azas Berbangsa dan Bernegara dan Pernyataan tersebut pun diakui oleh Kemenristek Dikti bahwa kampus sangat dimungkinkan dan rentang dari gerakan radikalisme sesuai yang dikutip oleh TEMPO.CO “Darurat Radikalisme”.

Atas dasar itulah, Dewan Pimpinan Provinsi Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia DKI Jakarta Berinisiatif akan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Bangkit, Bergerak, Berubah atau Punah dengan tajuk “Menetralisasi Gerakan Radikalisme di Kampus” pada Sabtu mendatang 30/6/2018 di Auditorium Gedung Pelni Kantor Pusat Jl. Gajah Mada No. 14 Jakarta Pusat.

Acara tersebut akan dihadiri dari perwakilan DPP IARMI Seindonesia, Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-DKI, IARMI DPK dan Komsat Perguruan Tinggi se-DKI, Bekasi, Depok dan Tanggerang, Danmenwa Jayakarta dan Skomenwa Serta Danyon/Dansat Menwa Jayakarta se-DKI juga Organisasi Kemahasiswaan (BEM) se DKI Jakarta.

Dimana rencana kegiatan tersebut akan dibuka langsung oleh Ketua Umum DPN IARMI Dr. (HC) Zulkifli Hasan yang juga ketua MPR RI dengan Keynote Speaker oleh Kepala BNPT

Tidak hanya itu, Narasumber yang akan mengisi acara tersebut seperti Irjen Pol. Dr. Gatot Edi Pramono Staf ahli Kapolri / Komandan Satgas Nusantara, Prof. Dr. Wahono Rektor Universitas Pancasila, Brigjen TNI Adi Sudaryanto S.ip PJ PKP KemHan DKI Jakarta, Prof. Dr. Irfan Idris Direktur Deradikalisasi BNPT, Dr. Wawan Purwanto Direktur Komunikasi BIN, Dr. Didin Wahidin Direktur Kemahasiswaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Dr. Datep Purwa Saputra, S.Sos. M.M. Ketua DPP IARMI DKI Dengan diModeratori Dr. Dadang Solihin Rektor Universitas Unsada dan Dr. Gembong Baskoro dari Swiss Jerman University

Ketua DPP IARMI DKI Jakarta Dr. Datep Purwa Saputra, MM saat dikonfirmasi soal Kegiatan tersebut menuturkan, Kegiatan FGD ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan terkait mengantisipasi dan menangkal kampus dari gerakan radikalisme dan kebijakan pemberdayaan Alumni Menwa dan Menwa sebagai organisasi bela negara dalam membantu pelaksanaan tugas TNI dan POLRI dalam menegakkan pertahanan dan keamanan Negara.

Tidak hanya itu, lanjut Datep mengatakan, kegiatan nanti adalah bentuk dari kepedulian Kami para IARMI kepada adik-adik kita dikampus. “Adik-adik kita dikampus harus terjaga dari radikalisme, mereka adalah calon penerus yang harus kita jaga,” jelas Datep

“Jadi nanti sasaran kegiatan ini bagaimana Menwa dan alumni menwa dapat ikut membantu TNI dan Polri dalam memberikan informasi dini masalah gerakan radikalisme di kampus seperti peran menwa dulu salah satu funsinya mengantisipasi gerakan komunis di kampus,” Tegas Datep.(Eky)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru