oleh

Pilkada Jabar Berpotensi ‘Money Politic’ Indonesia Election Watch Akan Pantau Seluruh TPS

JAWA BARAT, KICUANEWS.COM –Koordinator Indonesia Election Watch (IEW) Provinsi Jawa Barat, Elgi Alam Pangestu, selasa (26/06) menghimbau masyarakat yang saat ini menjadi pemilih di Pilkada 2018, maupun partai politik, untuk tidak melakukan tindakan money politic atau politik uang, dalam bentuk apapun.

“Kemungkinan terjadinya praktik melawan hukum dalam pilkada Jawa Barat saat ini adalah money politic” kata Elgi

Dalam keterangan tertulisnya, Elgi menyampaikan, praktik money politic harus dihilangkan untuk menghasilkan pemimpin yang bersih, berkapasitas dan berintegritas.

Berdasarkan Undang-Undang No 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada, disebutkan, pihak yang terlibat money politic, baik pemberi maupun penerima, akan dikenakan hukuman kurungan penjara, 36 bulan, sampai 72 bulan, dan denda sebanyak 200 Juta Rupiah, sampai 1 Miliar Rupiah.

Untuk dapat menghindari dan mengantisipasi hal tersebut, Elgi menegaskan, Indonesia Election Watch (IEW) Provinsi Jawa Barat akan turut memantau seluruh TPS di Jawa Barat, agar tidak ada kecurangan dalam Pilkada Jawa Barat 2018, yang akan digelar besok.

“Bersama masyakat kami akan turut memantau TPS di seluruh Jawa Barat agar tidak terjadi kecurangan, apabila ditemukan praktek money politic ataupun kecurangan lainnya, kami akan melaporkan ke Bawaslu,” tegas Elgi. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru