oleh

Targetkan 8% Partisipasi Pemilih, Pemerintah Masih Kaji 27 Juni 2018 Libur atau Tidak ?

JAKARTA, KICAUNEWS.COM –Wacana ihwal Pilkada Serentak yang akan digelar pada 27 Juni 2018, menjadi hari libur nasional, saat ini masih dikaji pemerintah. Hal itu disampaikan Wiranto, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan.

“Memang ada wacana seperti itu, tapi berbagai usulan itu sedang kami kaji,” ujar Wiranto di kantornya, Jakarta Pusat.

Pentolan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu menjelaskan, ada dua usulan yang diajukan ke pemerintah. Pertama, kata dia, hanya meliburkan 171 daerah yang menggelar pilkada serentak 2018. Usulan kedua, meliburkan semua provinsi di Indonesia.

“Tapi untuk usulan pertama, ada pertimbangan mobilitas pemilih yang tidak hanya di 171 daerah itu. Ada masyarakat atau pejabat yang tinggalnya di daerah lain, tapi di tempat domisili KTP-nya menyelenggarakan pilkada,” jelas Wiranto.

Oleh karena itu, pemerintah kata Wiranto, masih akan mengkaji masukan-masukan dari berbagai pihak terlebih dahulu, sebelum nantinya Presiden dengan kewenangannya membuat keputusan presiden (Keppres) soal libur pilkada.

“Secepatnya akan diputuskan. Sekarang juga saya bisa langsung menghadap Presiden membahas ini,” kata Wiranto.

Seperti diketahui, Pada Pilkada 2015, angka partisipasi pemilih tercatat sebesar 70 persen dan Pilkada 2017 angka partisipasi pemilih tersebut nengalami peningkatan 4 persen, dengan jumlah sebesar 74 persen.

Sebelumya, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menargetkan, pemerintah akan menargetkan angka partisipasi pemilih pada Pilkada 2018 mencapai 78 persen atau ada peningkatan sebesar 4 persen dari tahun 2017 dan 8 persen dari tahun 2015. (Haji Merah).

Menteri Tjahjo berharap, pada Pilkada 2018, angka partisipasi pemilih harus melebihi angka partisipasi pemilih pada Pilkada 2015 dan tahun 2017 lalu. “Ini tentunya tren positif yang harus lebih ditingkatkan lagi,” kata Tjahjo. (Haji Merah).

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

1 comment

Berita Terbaru