oleh

Selain Elektabilitas, Tingkat Akseptabilitas HDMY Juga Unggul

SUMSEL, KICAUNEWS.COM – Tingkat akseptabilitas atau pasangan calon Gubernur nomor urut 1, Herman Deru-Mawardi Yahya anggap paling tinggi. Hal itu disampaikan Peneliti Senior Populi Center, Hartanto Rosojati, berdasarkan hasil survei yang dilakukan 2018.

Akseptabilitas tersebut diantaranya, calon yang dianggap bersih dari korupsi, paling berani memberantas korupsi, paling mampuh memimpin, paling religius, paling tegas, paling disukai, dan calon yang paling layak memimpin.

“Kategori yang menarik adalah pada tokoh yang paling bersih dari korupsi. Pada survei bulan Maret 2018 nama Dodi Reza Alex menempati urutan pertama, namun pada survei bulan Mei 2018 peringkat tersebut diambil alih Herman Deru dengan 24% atau meningkat dari 20,1%, sedangkan Dodi Reza memperoleh 18,1% atau menurun dari 20,6%.” kata Hartanto.

Sementara itu, kata Hartanto menambahkan, pada urutan ketiga dan keempat nama Ishak Mekki mendapat 10,5% dan Saifudin Aswar Rivai mendapat 2,0%. “Hal yang sama juga terlihat pada kategori tokoh yang dinilai paling berani memberantas korupsi,” tambah Hartanto.

Selain soal akseptabilitas, Populi Centre juga menjelaskan soal elektabilitas. Menurut Hartanto, tingkat elektabilitas Herman Deru-Mawardi Yahya, berada pada tingkat pertama.

“Untuk urutan tingkat elektabilitas ini sama dengan dua survei sebelumnya pada bulan Maret 2018 dan Januari 2018, yakni selisih tingkat dukungan menjelang pemilihan, Deru-Mawardi, berada di peringkat pertama dengan pasangan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda Kiemas di posisi kedua yang telah menyentuh dua digit angka dengan selisih 10,5%.” Jelas Hartanto. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru