oleh

Pilkada Sumsel 2018, Hasil Survei LSI dan Konsepindo Berbeda, Pertarungan Guru vs Murid

SUMSEL, KICAUNEWS.COM – Pilkada 2018 di Sumatera Selatan yang diikuti oleh empat pasangan calon akan berlangsung panas. Berdasarkan hasil survei lembaga Lingkar Survei Indonesia (LSI) Pasangan Dodi-Giri unggul dibandingkan pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya.

Berbeda dengan hasil Survei Konsep Indonesia (Konsepindo) Reseach and Consulting, pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya, unggul dari Dodi-Giri, dan dua pasangan calon lainnya.

Dari hasil survei Konsep Indonesia, nama Deru-Mawardi unggul, dengan tingkat elektabilitas sebesar 31.2%, dibelakang Deru-Mawardi dan terpaut sebanyak 6.3 Poin, ada Dodi-Giri, yang memperoleh sebesar 24.9%. Sementara itu, untuk pasangan calon Mekki-Yudha sebesar 9.1% dan pasangan Aswari-Irwansyah sebesar 4.9%.

Berbeda dengan hasil survei Lingkar Survei Indonesia milik Deny JA, yang menyebutkan, tingkat elektabilitas paling tertinggi diperoleh pasangan nomor urut 4 yaitu Dodi-Giri dengan perolehan sebesar 27,7%, disusul pasangan nomor urut 1, sebesar 23,2%, sementara Mekki-Yudha 18,4%, dan Aswari-Irwansyah 8,6%, dan yang belum menentukan pilihan sebesar 22,1%.

Meskipun pelaksanaan survei dalam waktunya tergolong sama, pada 1-6 Juni 2018, namun hasil survei kedua lembaga itu berbeda. Melihat hasil survei itu, ada yang menarik, siapa yang benar-benar akan unggul pada Pilkada Sumsel 2018 mendatang ?.

Sebenarnya, jika melihat dua pemilik lembaga survei tersebut, memiliki hubungan yang sangat erat, dapat diibaratkan seperti guru dan murid. Bagaimana tidak, owner atau pendiri Konsep Indonesia adalah Veri Muhlis Arifuzzaman, yang sebelumnya pernah bernaung di Lingkaran Survei bersama Deny JA.

Meskipun begitu, Lembaga Survei Konsep Indonesia pernah memiliki sejarah dan track record yang baik. Misalnya pada tahun 2015, hasil survei Konsep Indonesia ini, tercatat sesuai dengan hasil Komisi Pemilihan Umum.

Pada saat itu, LSKP yang notabenenya Group LSI milik Deny JA, menyebutkan, Calon Gubernur Soeryo Respationo-Ansar akan unggul pada Pilkada, sementara itu, Konsep Indonesia mengunggulkan nama Muhammad Sani-Nurdin yang akan unggul.

Baca juga :  Dinas perijinan kota Tangerang akan membuka pelayanan dihari libur

Dari hasil Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukan, pasangan Sani-Nurdin unggul dari pasangan Soeryo-Ansar, seperti yang dianalisa dalam hasil survei Konsep Indonesia. Bagaimana untuk Pilkada Sumsel, mana yang akan unggul, kita tunggu pada 27 Juni 2018 mendatang. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru