oleh

Partisipasi Pemilih di Pilkada Sumsel Meningkat, HDMY Berpeluang Menang

SUMSEL, KICAUNEWS.COM – Peneliti Senior Populi Centre, Hartanto Rosojati dalam keterangan tertulisnya mengatakan, masyarakat Sumatera Selatan, dalam menentukan pilihannya di Pilgub Sumsel 2018 sudah mantap dan matang.

Hartanto mengatakan, berdasarkan hasil survei Populi Centre, tingkat kemantapan pilihan berdasarkan kategori sudah mantap dengan pilihannya, mengalami peningkatan, dari survei sebelumnya.

“Terjadi peningkatan persentase, sebelumnya 57,8% bulan Maret menjadi 67,5% pada bulan Mei 2018,” kata Hartanto.

Sedangkan untuk pemilih yang menjawab masih mungkin akan merubah pilihannya dalam pemilu, sambung Hartanto, ada sebesar 22,0%, dan 10,5% belum menentukan pilihannya.

Dari kategor itu, (belum menentukan pilihan), Hartanto menambahkan, persentase keduanya mengalami penurunan, dibandingkan survei sebelumnya.

“Hal ini menunjukkan bahwa para pemilih di Sumatera Selatan sudah semakin memiliki preferensi, terhadap tokoh yang akan dipilih dalam Pilgub Sumatera Selatan mendatang.” tambah Hartanto.

Berdasarkan hasil survei Populi Centre, tingkat partisipasi pemilih mencapai 99,6%, dan yang masih ragu-ragu untuk berpartisipasi di Pilgub Sumsel sebesar, 0,3% dan masyarakat yang tidak menjawab sebesar 0,1%.

“Ketika melihat kategori pemilih yang masih mungkin berubah pilihannya, dari 22,0% pemilih pada kategori tersebut, sebesar 62.1% dari 22,0% masih belum bisa menentukan pilihan pasangan calon alternatifnya.” kata Hartanto.

Dengan kata lain, sambung Hartanto, sebesar 13.6% dari 22,0% pemilih yang masih mungkin berubah pilihannya, masih berpeluang diperebutkan suaranya.

“Pemilih ini belum menentukan calon pasangan alternatifnya, sedangkan sisanya 8,4% dari 22,0% telah menentukan pasangan calon alternatifnya.” sambung Hartanto. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru