oleh

Hasil Empat Lembaga Survei, Paslon HDMY Unggul di Pilkada Sumsel

SUMSEL, KICAUNEWS.COM – Pilkada di Sumatera Selatan pada 27 Juni 2018 mendatang hanya tinggal menghitung hari. Beberapa lembaga survei merilis elektabilitas pasangan calon yang akan ikut berkontestasi. Berdasarkan kompilasi empat lembaga survei, pasangan nomor urut satu, Herman Deru-Mawardi Yahya (HDMY) unggul pada angka 40.5 persen.

Misalnya lembaga survei Pusat Demokrasi dan HAM (PuDeHAM) menempatkan Herman Deru-Mawardi Yahya lebih unggul diantara pasangan calon lain. Berdasarkan hasil survei itu, Herman Deru-Mawardi Yahya memperoleh 46.0%, disusul Dodi-Giri 24,2%, Ishak Meki-Yuda Pratomo 16,4% dan Saefudin Anwari-Irwansyah 9,6%. Sementara itu, untuk yang belum menentukan pilihan sebesar 4,8%.

Berbeda dengan hasil survei Stratak Indonesia, merilis elektabilitas pasangan calon yang tidak berbeda jauh, untuk paslon nomor urut satu, Herman Deru-Mawardi Yahya sebesar 43,88 %, disusul Dodi-Giri 19,11%, Ishak Meki-Yuda Pratomo 16,22%, dan Saefudin Anwari-Irwansyah 10,91%, dan yang belum mementukan pilihan sebesar 9,88%.

Ilustrasi Pilkada Sumsel 2018. Foto Istimewa Redaksi.

Untuk rilis survei Populi Centre, tingkat elektablitas atau tingkat keterpilihan pasangan calon Herman Deru-Mawardi Yahya (HDMY) begitu tertinggi yakni 40,8 % disusul diposisi kedua pasangan Dodi Reza Alex- Giri Ramanda Kiemas dengan 30,3%. Untuk urutan ketiga diperoleh pasangan Ishak Mekki-Yudha Pratomo dengan 13.1% dan diurutan keempat oleh pasangan Saifudin Aswari Rivai- Muhammad Irwansyah 4,3%, dab masyarakat yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab, sebesar 11.6%.

Sementara itu, untuk Lembaga Survei Konsep Indonesia (Konsepindo) dalam rilis survei terbarunya menyebutkan, tingkat
elektabilitas pasangan calon, nama Herman Deru-Mawardi Yahya unggul diatas 3 pasangan calon lainnya.

Untuk elektabilitas Herman Deru-Mawardi Yahya sebesar 31.2%. Di belakang Deru-Mawardi dan terpaut sebanyak 6.3 poin, ada Dodi-Giri yang memperoleh sebesar 24.9 persen. Adapun untuk dua Paslon lainnya, berada di urutan ke-3 dan ke-4, masing-masing yaitu Mekki-Yudha 9.1% dan Aswari-Irwansyah 4.9 %.

Baca juga :  Tak Ada Alasan Lagi Bagi Parpol Di Sumut, Untuk Tak Usung Syamsul Arifin

Untuk rilis hasil Survei Konsep Indonesia (Konsepindo) ini, dilakukan pada 1-6 Juni 2018, survei tersebut terkait dengan Pilkada Sumatera Selatan, di Hotel Santika Premier Palembang.

Peneliti Senior Populi Centre, Hartanto Rosojati kepada media mengatakan, hasil temuan dari survei ini antara lain adalah nama Herman Heru, menjadi tokoh dengan tingkat popularitas tertinggi jika dibandingkan dengan tokoh lain.

“Hasil survei menunjukan bahwa Herman Deru unggul dengan 90,5%, disusul oleh calon Gubernur pesaingnya Dodi Reza Alex dengan 79,8%. Di urutan ketiga, terdapat nama Ishak Mekki dengan 76,4%, disusul di urutan keempat oleh Mawardi Yahya (Wakil dari Herman Deru) dengan 39,9%,” kata Hartanto Rosojati. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru