oleh

Kecelakaan Kapal di Danau Toba: Sistem Pelayaran Kita Sangat Mengkuatirkan

Kecelakaan Kapal di Danau Toba: Sistem Pelayaran Kita Sangat Mengkuatirkan

PENDAPAT, KICAUNEWS.COM – Gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan. Jika kita gagal merencanakan sistem pengendalian dan pengawasan pelayaran serta sistem keselamatan dan keamanan pelayaran, maka artinya kita telah merencanakan adanya korban apabila terjadi kecelakaan pelayaran.

Undang-Undang No 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran menyatakan bahwa, Pelayaran adalah satu kesatuan sistem yang terdiri atas angkutan di perairan, kepelabuhanan, keselamatan dan keamanan, serta perlindungan lingkungan maritim.

Sedangkan keselamatan dan keamanan pelayaran adalah suatu keadaan terpenuhinya persyaratan, keselamatan dan keamanan yang menyangkut angkutan di perairan, kepelabuhanan, dan lingkungan maritim.

Sangat disayangkan harus ada korban, baru kita diingatkan tentang bobroknya sistem pelayaran kita. Presiden Jokowi memiliki visi yang besar tentang hal itu, tapi sayangnya tidak didukung pejabat di bawahnya yang serius, membenahi secara detail. Oleh karena itu, dalam hal ini harus ada yang diganti, harus ada perombakan besar-besaran. (HM).

Sahat Martin Philip Sinurat
Penulis Adalah, Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru