oleh

Sasar Kampus, begini Penipuan Berkedok Jasa Masuk Perguruan Tinggi

TANGSEL,  KICAUNEWS. COM – Team Vipers Polres Tangsel Berhasil menangkap tersangka penipuan yang berpura-pura sebagai Karyawan UIN ( Universitas Islam Negeri) yang bisa membantu dengan menawarkan jalur khusus masuk Fakultas Kedokteran UIN. Tersangka berinisial S als Arif, 40 Tahun Warga Jl. Drs. M Gobel Blok D 16 No. 10 lembah Hijau RT 012/013 Kel. Mekarsari Kec. Cimanggis, Kota Depok.

” Tersangka Mengaku bisa memasukkan anak korban untuk masuk melalui Jalur Khusus ke Fakultas kedokteran tanpa tes tetapi harus membayar sejumlah uang yang nantinya uang tersebut akan di setor ke Dekan UIN ” Ujar Kasatreskrim Polres Tangsel Akp Alexander Yurikho, Jumat ( 08/06/18).

Kejahatan yang dilakukan S terungkap setelah polisi mendapat laporan dari Hj Rosa Fitri. Awalnya tersangka yang mengaku bisa membantu dengan jalur khusus masuk fakultas kedokteran UIN melalui temannya menghubungi Korban Hj.Rosa fitri dengan menginformasikan bahwa ada jalur khusus masuk Fakultas Kedokteran UIN (Diperuntukkan bagi anak Korban), Selanjutnya korban Hj. Rosa dan ibu Tine menghubungi dan bertemu dengan tersangka di rumah makan wilayah Situ Gintung, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (15/5/2018) lalu.

Setelah adanya pertemuan dengan tersangka kemudian korban menyerahkan uang sebesar Rp.150 juta kepadanya yang menurut keterangannya untuk diserahkan ke Dekan fakultas Kedokteran UIN.

Namun saat dicek ke UIN, ternyata tersangka bukan karyawan UIN akhirnya korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polres Tangerang Selatan. Berdasarkan keterangan dari korban dan saksi saksi, kemudian tim melakukan penyelidikan dan penyidikan kemudian didapat informasi keberadaan tersangka berada di kab. Bogor. Lalu tim bergerak dan melakukan penangkapan tersangka pada hari Jumat Tanggal 8 Juni 2018 dan selanjutnya dibawa ke Polres Tangerang selatan untuk proses lebih lanjut

Baca juga :  PSBB Tahap III Tiga Pilar Jatibarang Lakukan Ops Gabungan

Ternyata tersangka merupakan Residivis yang pernah dijatuhi hukuman 1 Tahun penjara (bebas pada November 2017) karena melakukan Kejahatan dengan Modus yang sama pada Tahun 2016 (Kasus ditangani Sat Reskrim Polres Tangsel). Tersangka diamankan di lokasi yang menjadi tempat tinggal dari istri (Siri) keduanya. Hasil dari pengakuan tersangka bahwa uang kejahatan digunakan untuk membayar hutang dan mengadakan upacara pernikahan.

Rencana Tindak Lanjut Tiem Viper Reskrim Polres Tangerang Selatan Melakukan upaya Paksa berupa Penahanan terhadap Tersangka, Melakukan penelusuran aset tersangka yang diduga hasil kejahatan untuk dilakukan upaya Penyitaan, bekerjasama dengan Pihak UIN untuk mensosialisasikan Program Penerimaan Siswa Baru agar tidak terjadi upaya Penipuan yang berulang.( tris)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru