oleh

Sikapi Era Industri 4.0, IKA FIS UNJ Gelar Seminar

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — dalam menyikapi dinamika yang semakin dirasa sangat memprihatinkan, Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (IKA FIS UNJ) Menggelar seminar dengan tajuk “Peran Ilmu-ilmu Sosial sebagai Pilar pembangunan Manusia era Milenial” di Aula Gedung Sertifikasi Guru Lt 8 UNJ Rawamangun Kampus UNJ Pada kamis, 7/6/2018.

Kegiatan seminar ini merupakan jawaban dari fenomena sosial di masyarakat, dimana saat ini dengan adanya arus global memungkinkan aktifitas manusia yang borderless tanpa sekat dalam berhubungan dengan dunia luar.

Demikian dikatakan Ketua umum ikatan alumni fakultas ilmu sosial UNJ Rasminto, M.Pd dalam keterangannya kepada redaksi pada kamis malam 7/6/2018.

Lebih rinci rasminto mengatakan, ditambah adanya revolusi industri generasi 4.0 membuat manusia dapat menikmati kecanggihan teknologi yang juga dapat dengan mudah merusak kreatifitasnya.

Oleh karena itu, lanjut Rasminto, M.Pd yg juga Kandidat Doktor Pendidikan Lingkungan itu membeberkan, sangat diperlukan penguatan pemahaman yang komprehensif kembali tentang peran ilmu – ilmu sosial, sebab perannya dapat menjadi rujukan bagi pencarian berbagai solusi untuk beragam masalah sosial dalam
masyarakat sebagai legitimasi ilmiah terhadap berbagai analisis masalah sosial dalam masyarakat dan tentunya sebagai sumber penciptaan sumber daya manusia yang berkompeten dan bertanggung
jawab bagi kajian sosial atau kebudayaan masyarakat Indonesia.

Keynote Speaker oleh Irjenpol Dr. Gatot Eddy Pramono selaku Komandan Satgas Nusantara Mabes Polri

Sementara itu, Irjenpol Dr. Gatot Eddy Pramono selaku Komandan Satgas Nusantara Mabes Polri yang mengangkat topik materi tentang Peran Ilmu Sosial dalam membangun harmonisasi dan kesadaran hukum menyatakan bahwa fenomena globalisasi dan demokratisasi telah berkembang sedemikian rupa,  perkembangan peradaban berjalan dari era agriculture, industrial dari generasi 1.0 hingga generasi 4.0 yang disebut dengan industrialisasi informasi dan teknologi.

Diregaskanya, Dengan perkembangan informasi dan teknologi ini sangat sangat terjadi perang dengan media sosial, berita-berita dari media sosial sangat sulit diverifikasi keabsahannya, serta masyarakat kita sangat mudah terprovokasi oleh berita-berita hoaks.

“Media sosial menjadi wadah bagi orang-orang yang rentan terpapar faham radikalisme dan ini jadi tugas kita bersama, tentunya inilah peran utama ilmu sosial terutama ilmu komunikasi dalam memfilter berita-berita negatif tersebut,” Tandasnya.

Untuk informasi, hadir Keynote Speaker dalam acara Irjenpol Dr Gatot Edi Pramono Komandan Satgas Nusantara, Prof Dr Muchlis R Luddin, MA/Guru Besar Sosiologi/Wakil Rektor 1 UNJ. 

Dan Turut hadir pula naraumber lain seperti Dosen Pascasarjana UNJ Program S3 prodi IM SDM Dr. Datep Purwa Saputra, M.M., Juri Ardiantoro, PhD (Sejarawan/ Ketua Umum IKA UNJ),  Marsekal Pertama TNI Dr. Sigit PRIYONO,GSC, M. Sc/Kemenkopolkam, Drs. Suhadi, M.Si/Korprodi PPKn dan Dr. Muhammad Zid,M.Si/Dekan FIS UNJ/Dosen Geografi dan hadir kurang lebih 300 para peserta mahasiswa se Jabodetabek dan dosen. (Eky)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru