oleh

Menu Berbuka Di Bulan Ramadhan Komisi IX DPR RI dan BPOM Banten Sosialisasikan KIE Dengan Pilih Makanan Aman

Tangsel, Kicaunews.com – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten, mengingatkan tentang pentingnnya pangan sehat kepada masyarakat, saat melakukan Sosialisasi Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Keamanan Pangan. Dengan mengangkat tema “Tips Memilih Pangan yang Aman di Bulan Ramadhan” yang di laksanakan di Jl. GOR KH Dewantara, Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Selasa (5/06/2018)

Dalam acara sosialisasi ini, hadir langsung oleh Dra. Hj. Siti Masrifah, MA (Anggota Komisi IX DPR RI, Alex Sandre, S.Farm. Apt (Kepala Balai Pom di Serang) dan Dr Suhara Manulang (Plt. Kepala Dinas Kesehatan Tangsel).

Kepala Balai POM Serang Alex Sandre, S.Farm. Apt. Selaku pembicara pada acara sosialisasi tersebut, ia menyampaikan dalam paparannya, masyarakat harus bisa memperhatikan soal kemasan makanan bagus apa tidaknya dan kandungan yang ada di dalamnya.

“Pangan tersebut harus bebas cemaran bahan kimia seperti borak, formalin , cemaran biologis seperti jamur, bakteri dan cemaran fisik seperti di dalam makanan ada rambut, pasir dan lain sebagainya. Bahan pangan harus bersih dan aman dari bahan berbahaya,” tuturnya

Lebih lanjut ia menambahkan, “balai pom sudah membeli sempel makanan yang beredar di daerah banten dan di uji dalam laboratorium soal kandungan makanan tersebut, mengandung bahan kimia apa tidak, saya mengingatkan kepada masyarakat, harus memperhatikan kemasan makanan bagus apa tidak dan ijin edarnya makanan tersebut,” imbuhnya

Hal senada disampaikan, Kepala Plt. Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Dr. Suhara Manulang mengatakan masyarakat perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Menurutnya banyak makanan yang mengandung zat kimia, yang perlu diketahui terlebih dahulu.

“Makanan yang masuk ke dalam mulut kita harus bersih dari zat kimia, dan yang sangat berbahaya makanan yang menggandung bahan kimia bisa mengganggu pada organ tubuh jantung ginjal dan lever kita akan rusak, manusia membutuhkan makanan yang prima,” ujarnya

Baca juga :  Antisipasi Penumpukan Barang, Polsek Losarang Gelar Monitoring Ketersediaan Stok Sembako

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Hj. Siti Masrifah selaku Anggota Komisi IX DPR RI mengatakan dalam penyampaiannya kepada masyarakat, menurutnya kegiatan seperti ini penting dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Apa yang didapat ilmunya hari ini, saya sampaikan kepada semuanya agar, masyarakat juga harus membantu mensosialisasikan kegiatan ini ke orang terdekat, suami, anak, saudara terdekat, baik keluarga maupun tetangga karena kesehatan itu perlu diberdayakan,” paparnya

Lebih lanjut, Masrifah mengapresiasi adanya kegiatan seperti ini, karena baik untuk keberlangsungan pola hidup sehat masyarakat mengenai makanan.

“saya sebagai wakil rakyat, yang duduk di komisi IX sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan seperti ini, yang diadakan oleh BPOM Provinsi dan juga Dinas Kesehatan Tangsel, karena baik untuk keberlangsungan pola hidup sehat soal memilih makanan yang tidak mengandung zat yang berbahaya.” Pungkas Masrifah. (Tris)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru