oleh

Wakil Ketua BPK: Aspek Hukum Sangat Penting Jaga Integirtas, Independensi Juga Profesionalisme BPK

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Prof. Dr. Bahrullah Akbar menekankan pentingnya penguatan aspek hukum untuk menunjang pelaksanaan tugas pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK.

Demikian dikatakannya dalam sambutan pada kegiatan Workshop Unit Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (UJDIH) BPK Tahun 2018 di Pusdiklat BPK Jakarta, belum lama ini.

Guru Besar IPDN itu mengatakan, penguatan aspek hukum dalam pemeriksaan menjadi bagian yang penting dalam rangka menjaga dan mempertahankan integritas, independensi, dan profesionalisme BPK.

“Dalam hal menjaga nilai-nilai profesionalisme, BPK saat ini tidak cukup hanya mengedepankan aspek audit tanpa memperhatikan aspek hukum dalam pemeriksaan,” ujar Bahrullah.

Terkait workshop UJDIH sendiri, Kata bahrullah, kegiatan tersebut dapat mendorong peningkatan layanan informasi hukum di BPK secara cepat, mudah dan akurat.

Lebih jauh dikatakannya, informasi yang terkandung di dalam UJDIH harus mampu memenuhi harapan BPK dalam melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangannya, khususnya layanan informasi hukum yang menunjang tugas pemeriksaan BPK.

“Rakor Hukum sebagai forum komunikasi unit-unit kerja hukum di BPK diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam mensikapi perkembangan di bidang hukum keuangan negara,” ujarnya.

Untuk tiu, Lanjut Bahrullah, Kontribusi pemikiran dari unit-unit kerja hukum diperlukan untuk dapat menjaga mutu hasil pemeriksaan BPK sehingga terhindar dari ketidaktepatan dalam membuat simpulan dan rekomendasi hasil pemeriksaan. “termasuk untuk meminimalisir potensi gugatan atas suatu hasil pemeriksaan,” Tandasnya.

Sumber: bpk.go.id

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru