oleh

Sembilan Anggota DPR Jadi Tersangka, Kader Demokrat Kena Lagi !

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Sembilan anggota DPR RI, ditetapkan sebagai tersangka. Saat ini, KPK tengah meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan, serta telah menetapkan AMS sebagai tersangka. Hal itu dikatakan, Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, dalam keterangan tertulisnya, seperti di telepon redaksi.

Seperti diketahui, inisial AMS adalah Amin Saptono, yang merupakan politisi dari Partai Demokrat. Ia ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi, usulan dana perimbangan keuangan daerah RAPBN-P 2018.

Saut menjelaskan, penetapan tersangka itu dilakukan pasca pemeriksaan 1X24 jam dan gelar perkara yang menyimpulkan adanya dugaan Tindak Pidana Korupsi menerima hadiah atau janji. “AMS diduga menerima suap penerimaan Rp 500 juta,” jelas Saut.

Suap tersebut, kata Saut, merupakan bagian dari tujuh persen dari komitmen fee yang dijanjikan dari dua proyek di Pemkab Sumedang senilai total sekitar Rp 25 miliar.

Selain Amin, Saut juga memaparkan, KPK juga menetapkan Eka Kamaluddin (Swasta/perantara), Yaya Purnomo (Ditjen Perimbangan Keuangan Daerah). Keempatnya diduga melanggar  Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi telah diubah dengan Undang-Undang Ncmor 20/2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP a. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru