banner 728x250

Aset Negara, PB HMI Minta Pemerintah Gunakan SDA Untuk Kepentingan Rakyat

  • Bagikan
banner 468x60

 

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Dalam negara, Sumber Daya Alam merupakan aset penting dalam suatu negara. Selain harus digunakan untuk kepentingan rakyat, di Indonesia sendiri sudah diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33. Hal itu disampaikan Ketua Pengurus Besar HMI, Bidang Sumber Daya Alam, Pahmudin Colik.

banner 336x280

Menurut Pahmudin, bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya, harus dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk kemakmuran rakyat. “Ini menunjukan bahwa Sumber Daya Alam, adalah aspek vital yang benar-benar hanya dimanfaatkan guna kemakmuran dan mengangkat derajat perekonomian rakyat.” kata Pahmudin.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2017, saat ini ketimpangan sumber daya alam, sebesar 0,393%. Angka ketimpangan ini, kata Pahmudin, masih digolongkan dalam range ketimpangan rendah.

Namun, sambung Pahmudin, angka ketimpangan itu, hampir melewati ketimpangan sedang. Sehingga, kata Pahmudin menambahkan,  permasalahan ketimpangan sangat terasa secara faktual disekeliling maupun yang ada dalam angka-angka.

Selain itu, sambung Pahmudin, catatan ketimpangan dalam kepemilikan lahan. Menurut laporan Bank Dunia, kata Pahmudin, disebutkan ada 0,2%, jumlah orang yang memiliki 74% lahan di Indonesia.

“Jika melihat data itu, pengeloaan sumber daya alam, tidak menjadi sebagai katalisator pembangunan, untuk kemakmuran rakyat, dan posisi ini, masih jauh dari yang diharapkan, kesenjangan masih terlalu lebar antar pemilik modal dan rakyat kebanyakan.” kata Pahmudin Colik. (Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *