oleh

Pilkada 2018, Sebanyak 565.188 Disabilitas, Siap Salurkan Hak Pilih

EDITORIAL, KICAUNEWS.COM –Sejak tahun 2015 lalu, Komisi Pemilihan Umum atau KPU, telah menampilkan kolom berisi jumlah pemilih penyandang disabilitas. Hal itu juga tidak surut dilakukan KPU pada Pilkada 2018. Berdasarkan data KPU, jumlah pemilih disabilitas diseluruh Indonesia ada sebanyak 565.188 orang.

Dari data ini, KPU membagi kategori penyandang disabilitas menjadi lima kategori, diantaranya, pertama, tunadaksa, kedua, tunanetra, ketiga, tunarungu/tunawicara, keempat, tunagrahita, dan kelima, disabilitas lainnya.

Untuk pemilih tunadaksa adalah pemilih dengan cacat tubuh, yang meliputi pengguna kursi roda, polio kaki/tangan, eks lepra, orang kecil. Pemilih tunanetra adalah pemilih yang tidak dapat melihat.

Sementara itu, untuk pemilih tunawicara adalah pemilih yang tidak dapat berbicara, dan tunarungu yang tidak dapat mendengar.

Sementara itu, pemilih tunagrahita adalah pemilih yang memiliki keterbatasan kecerdasan, misalnya mereka berusia 40 tahun lebih tetapi kecerdasan dan perilakunya seperti anak 10 tahun.

Seperti diketahui, dalam Undang-Undang, No 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas, Disabilitas memiliki hak politik, yang meliputi hak memilih dan dipilih dalam jabatan publik, menyalurkan aspirasi politik, dan memilih partai politik, serta membentuk organisasi. (Haji Merah/Tagar).

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru