oleh

Target Kemendag Di Pameran Produk Indonesia.

Jakarta, KICAUNews.com – Kementrian Perdagangan (Kemendag) kembali membuka ajang pameran produk-produk Indonesia bertajuk Trade Expo Indonesia (TEI) 2018. Event akbar yang digelar untuk ke-33 kalinya ini akan diselenggarakan pada 24-28 Oktober 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag, Arlinda mengatakan, pada pameran dagang berkelas internasional kali ini, TEI 2018 menargetkan nilai transaksi sebesar US$ 1,5 miliar dan 28 visitors dari 125 negara. Kemendag juga menargetkan 1.110 peserta untuk berpartisipasi dalam pameran tersebut.

ika dihitung dengan asumsi kurs rupiah (Jisdor) 13.800 per dolar AS, maka nilai transaksi tersebut mencapai sekitar Rp 20,70 triliun.

“Menteri Perdagangan optimistis hasil TEI 2018 akan berkontribusi signifikan bagi kinerja ekspor Indonesia baik jangka panjang maupun pendek. Mengingat, TEI 2017 berhasil melampaui target transaksi yang dipatok di US$ 1,1 miliar, tapi mampu membukukan transaksi sebesar US$ 1,4 miliar,” kata Arlinda di Kantor Kemendag, Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Trade Expo Indonesia 2018 kali ini, mengusung tema ‘Creating Product for Global Opportunities‘ dengan menyuguhkan lebih dari 300 produk dan jasa yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Nantinya produk tersebut akan dibagi menjadi delapan zona, yaitu Nusantara Culinary, Crafts and Lifestyle Products, Furniture, Creative Products and Services, Manufacturing Products, Food and Beverage Products, Local Champion Products.

“Setiap hall akan dilengkapi dengan buyer service area yang siap melayani kebutuhan para buyerselama pameran,” imbuhnya.

Arlinda juga menyebut, ajang bertaraf internasional kali ini adalah sebagai barometer peningkatan citra dan eskpor Indonesia yang berkesinambungan. Sebab, TEI menyediakan berbagai produk-produk berdaya saing dan menunjukan kesiapan Indonesia dalam bermitra dengan para pelaku seluruh dunia dalam mengembangkan bisnis di kancah perdagangan global.

Baca juga :  Kadis Pendidikan : "UNBK Besok Hari Terakhir, Semoga Lancar dan Sukses"

“Ribuan produk unggulan Indonesia akan ditampilkan dalam ajang pameran dagang berkelas internasional ini. Pameran ini diharapkan mampu berkontribusi pada ekonomi nasional dan mendongkrak ekspor produk-produk dalam negeri,” kata dia.

Untuk itu, Airlanda juga meminta dukungan dari semua kementerian atau lembaga terkait serta pihak-pihak terkait seperti Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), asosiasi, para pelaku usaha, event organizer, dan penyedia tempat acara agar TEI tahun ini berjalan lancar.

“Untuk menyukseskan Trade Expo Indonesia 2018, tentunya diperlukan sinergi dan kerja sama yang erat dengan berbagai pihak,” tandasnya.

 

sumber : liputan6

editor : Kiel

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru