oleh

Fit and Proper Test, Calon Anggota BPK dan DPR Saling Adu Argumen

Jakarta, KICAUNews.com – Komisi XI DPR menguji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test) 18 calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Masing-masing kandidat memaparkan profil dan gagasan jika mereka terpilih sebagai anggota BPK periode 2018-2023. Namun, ada hal yang tidak terduga dalam penyeleksian tersebut.

Pasalnya, salah seorang kandidat, Wewe Anggraeningsih mengaku enggan menyampaikan visi dan misinya. Dikarenakan, dirinya menyimpan trauma dengan proses pemilihan saat mencalonkan diri sebagai anggota BPK pada tahun 2011 lalu.

Wewe menilai proses akhir pemilihan dilakukan secara voting bersama dengan 50 lebih anggota Komisi XI DPR. Namun, kala itu hanya ada 4 anggota saja yang mengujinya. Dirinya mengaku khawatir gagasannya tersebut tidak sampai kepada seluruh anggota komisi XI DPR.

“Lalu bagaimana bapak akan menguji kami kalau disini yang hadir hanya nyuwun sewu 4 orang. Dengan hormat, sekali lagi saya mohon maaf saya tidak bersedia menyampaikan persentasikan,” ucap mantan auditor BPKP itu.

Dalam menanggapi hal tersebut, salah satu anggota Komisi XI DPR, Jhonny Plate mengatakan bahwa para anggota yang hadir kala itu akan meneruskan kepada masing-masing fraksi di Komisi XI, namun untuk voting tetap wajib dilakukan karena berdasarkan peraturan yang ada.

“Biar saya jawab saja. Nanti melalui kami sendiri kami teruskan pada rapat fraksi masing-masing nanti kami yang akan menentukan itu bersama fraksi masing-masing. Namun untuk votingnya kan harus  semua,” tuturnya.

Menurut Jhonny, proses pemilihan dapat dilakukan melalui voting dan juga musyawarah mufakat. “Kami bisa voting, kami bisa musyawarah mufakat tergantung mekanisme kami di komisi XI,” jelasnya.

Pelaksanaan uji kelayakan ini dibagi dalam dalam 3 sesi, yang akan dimulai pada sesi pertama yakni dilaksanakan pada hari Senin, 16 April 2018; sesi kedua pada hari Selasa, 17 April 2018 dan sesi ketiga pada hari Rabu, 18 April 2018. (Red)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru