Meski Banyak Evaluasi, Wakil Komisi X DPR Minta UNBK Tetap Dilanjutkan !

0
Bagikan :

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Saat ini masih ada beberapa sekolah yang masih terkendala dengan jumlah komputer, jaringan internet, aliran listrik, dan sarana penunjang lainnya.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian, minggu (15/04) saat melakukan evaluasi, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK.

Oleh karenya, Hetifa mengatakan, sinergitas antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, sangat dibutuhkan untuk mengatasi kendala pelaksanaan, Ujian Nasional Berbasis Komputer itu.

Politisi Perempuan dari Partai Golkar itu juga mencontohkan, hal itu terjadi di daerah pemilihannya, yang kondisi listrik tidak begitu stabil.

“Seperti di Dapil saya, di Mahulu misalnya, kan aliran listrik tidak stabil. Kadang-kadang sekolah harus menyewa genetaror. Jadi operasionalnya meningkat.” kata Hetifah Sjaifudian.

Dengan kondisi seperti itu, Ia berharap, Kementerian terkait dapat memberikan suport, agar sarana dan prasarana dasar pendidikan itu bisa disediakan.

“Kita ingin kementerian lain mensupport supaya sarana prasarana dasarnya ini tersedia dan kemudian memberi support dalam bentuk komputer dan servernya,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian.

Meski sarana dan prasarana tersebut masih kurang dan harus dievaluasi, Hetifah menilai, kemungkinan ujian menggunakan kertas seperti dahulu, tidak mungkin dilakukan.

Komisi X kata Hetifah, akan terus mendorong pelakanaan ujian berbasis komputer itu, dan UNBK harus terus dilanjutkan, karena memberikan banyakanfaat.

“Saya kira kita tidak akan mundur dari ini (UNBK). Masalah pasti ada karena ini bisa dikatakan transisi.” kata Hetifah Sjafudian.

Ia juga berkeinginan agar, pendidikan berbasis teknologi ini bisa punya prospek ke arah keadilan dan pemerataan.

“Kalau kita sudah memiliki akses teknologi digital diseluruh wailayah, pendidikan justru semakin mudah,” kata Hetifah. (Haji Merah).
_________________________________

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*