oleh

Mengawasi Pengelolaan Dana Akuntabel dan Transparan, BPK Canangkan Audit Kinerja Dana Desa

Mataram, Kicaunews.com – Berlokasi di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (12/4/2018) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar sosialisasi peran dan fungsi BPK dalam pengawasan pengelolaan dana desa.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para perangkat desa meningkatkan pemahaman para perangkat desa terkait penggunaan dan pertanggungjawaban dana desa agar dikelola secara akuntabel dan transparan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Wakil Ketua BPK RI Bahrullah Akbar menyambut baik usulan dari narasumber agar BPK kiranya dapat melakukan audit kinerja dana desa.

“Ada usulan yang bagus dari para narasumber khususnya Bu Eva Kusuma Sundari selaku Komisi XI DPR agar bagaimana ke depan BPK dapat mendesain pemeriksaan kinerja yang berorientasi pada efektivitas, efisiensi dan outcome program pembangunan di desa,” ujar Bahrullah.

Menyikapi usulan tersebut, Guru Besar Ilmu Pemerintahan IPDN ini memerintahkan kepada jajarannya agar memperhatikan usulan dan hasil seminar agar dapat memberi nilai tambah bagi para aparatur desa dalam menjalankan amanah mengelola dana desa.

“Bapak, Ibu, kebetulan disini hadir Kepala Direktorat Perencanaan Strategis dan Manajemen Kinerja BPK, Pak Dali, saya amanahkan untuk mencatat dan bagaimana dapat memasukkan usulan para narasumber yaitu audit kinerja dana desa ini ke dalam perencanaan pemeriksaan BPK di tahun mendatang,” pesannya.

Audit kinerja, masih kata Bahrullah, merupakan konsep yang ideal untuk mewujudkan tujuan bernegara, dalam hal ini Nawacita.

Sebab, audit kinerja dilakukan secara objektif dan sistematis terhadap berbagai bukti untuk menilai kinerja entitas yang diaudit dalam hal ekonomi, efisiensi, dan efektivitas (3E).

Audit kinerja dilakukan untuk meningkatkan akuntabilitas berupa peningkatan pertanggungjawaban manajemen kepada lembaga perwakilan, pengembangan bentuk laporan akuntabilitas, perbaikan indikator kinerja, perbaikan perbandingan kinerja antara organisasi sejenis yang diperiksa, serta penyajian informasi yang jelas dan normatif. (Red)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru