oleh

Menjadi Pemilih Cerdas, Akan Hasilkan Pemimpin Berkualitas !

PENDAPAT, KICAUNEWS.COM –Pilkada Serentak 2018, menjadi momentum yang baik, untuk menentukan masa depan masyarakat dan daerah. Dalam memanfaatkan momen tersebut, seharusnya masyarakat dapat menjalankan momentum itu, dengan secerdas mungkin, agar dapat menjaring pemimpin yang benar-benar berkualitas.

Dalam sistem demokrasi yang tengah di jalankan, setidaknya ada tiga metode pemilih dalam Pilkada Serentak 2018. Pertama, masyarakat yang memilih pemimpin atas dasar kesamaan suku, agama, golongan, maupun status sosial.
Kedua, masyarakat yang memilih atas dasar, kesamaan visi misi, pandangan, ideologi, dan afiliasi partai politik. Ketiga, jenis pemilih yang selalu mengedepankan rasionalitas ketika memilih pemimpin.

Untuk dapat menarik simpati masyarakat, sudah menjadi kebiasaan bagi calon kepala daerah, memasang baliho, spanduk, flyer, orasi publik, dan lain sebagainya. Melihat metode yang dilakukan oleh para calon itu, maka masyarakat harus benar-benar dapat memanfaatkan sebaik mungkin pesta demokrasi yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali itu.

Dalam momentum Pilkada ini juga, kualitas pemimpin daerah, akan sangat menentukan bagaimana masa depan daerah serta masyarakat di dalamnya. Oleh karena itu, masyarakat harus cerdas dalam memilih pemimpin di Pilkada. Seperti apakah pemimpin ideal itu, ?

Pertama, Ia tentunya harus didukung dengan kecerdasan yang tinggi. Kedua, pemimpin ideal itu harus jujur, ketiga, pemimpin ideal harus bisa berperilaku adil. Keempat, pemimpin ideal harus mampu merangkul semua golongan, tanpa terkecuali.

Bagaimana cara masyarakat, bisa menentukan calon pemimpin itu, ideal atau tidak ?. Pertama, pemilih harus menggali rekam jejak dari calon-calon kepala daerah. Mulai dari latar belakang, pendidikan, keluarga, serta bagaimana aktivitas sosial dalam lingkungannya.

Kedua, jadilah masyarakat yang selalu terdepan dalam mencari informasi, terutama dalam mencari informasi calon pemimpin tersebut, terutama terhadap informasi visi dan misi yang ditawarkan. Menjadi masyarakat dalam negara demokrasi, sejatinya tidak hanya menjadi pemilih umum saja. Sebab bagaimana pun, kemajuan daerah akan ditentukan oleh kualitas pemilih, dalam menetukan pemimpin di daerah itu sendiri.

Baca juga :  PPDB SDN 2 Karangpaningal Terus Ada Peningkatan Setiap Tahunnya

Dengan menjadi pemilih yang berkualitas dalam Pilkada, maka harapan-harapan baru tersebut, akan segera terwujud, dan Pilkada menjadi momentum yang diharapkan bagi setiap masyarakat, dan daerah. (Tulisan ini telah diedit redaksi).

Stevanus Sulu.
Penulis adalah Mahasiswa Universitas Flores.

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru