oleh

Lawan Money Politik, Tim Herman Deru Ajak Warga Bergabung SAPU Sumsel

PALEMBANG, KICAUNEWS.COM –Spekulasi mengenai, kemungkinan terjadinya politik uang menjelang dua bulan lagi diselenggarakannya, pemungutan suara di Pilkada Sumatera Selatan 2018, bisa mungkin terjadi. Hal itu disampaikan, Direktur Saiful Mujani Reseach and Consulting, Djayadi Hanan, rabu (11/04) dalam keterangan tertulis.

Djayadi menjelaskan, pada akhir menjelang pemungutan suara nanti, praktek money politik, kemungkinan bakal terjadi. Tidak hanya itu, Ia juga meyakini, dalam Pilkada Sumsel 2018 itu, kontestasi akan diraih oleh pasangan calon yang memiliki banyak uang.

Koordinator Satuan Anti Politik Uang (Sapu) Sumatera Selatan, Deni Ahmad Daelani mengatakan, tim sukarelawan, yang akan memantau politik uang di Sumatera Selatan, telah dibentuk dan terus bertambah orangnya.

Menurut Deni, mereka akan bertugas di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumatera Selatan, untuk memantau terjadinya pembelian suara, dan penukaran suara, dengan sembako dan sejenisnya. “Semua bentuk pelanggaran yang masuk kategori politik uang, akan kita pantau,” kata Deni Ahmad, kepada Jurnalis di Palembang.

Tidak hanya itu, Deni juga menyangkan, adanya pernyataan dari seorang pengamat, yang berasumsi bahwa, kemengan calon kepala daerah, hanya akan diraih oleh pasangan yang memiliki banyak uang. Deni menilai, pernyataan itu telah melukai perasaan masyarakat Sumatera Selatan.

“Apa iya orang Sumsel mau menukar suaranya dengan uang receh atau bungkusan sembako yang tidak seberapa. Jadi seharusnya justru rakyat dihimbau agar menyukseskan pilkada bersih dan fair,” kata Deni Ahmad.

Sementara itu, Tim Herman Deru, Sahrun Shobri di tempat terpisah juga mengakal kepada semua masyarakat Sumatera Selatan, untuk bergabung dalam gerakan anti politik uang. Ia menjelaskan, saat ini posisi Herman Deru unggul, di semua survei. Shobri berharap, Herman Deru jangan sampai kalah oleh pasangan lain, hanya karena adanya pembelian suara.

Baca juga :  Wisata Hutan Pinus Pal 16 Didatangi Oleh Anggota Brimob Jabar

“Kami berharap, penyelenggara bisa melaksanakan Pilkada dengan fair, dan pengawas yaitu bawaslu bisa mengawasi, dengan sesama dan jangan main mata, dengan yang punya kuasa. Rakyat mengawasi kalian,” kata Shobri.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru