oleh

Jelang Debat Kandidat Pertama Pilkada Jabar .

Bandung, KICAUNews.com  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat terus melakukan persiapan jelang digelarnya debat kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Pilgub Jabar yang akan dilaksanakan di Sabuga, Kota Bandung, Senin 12 Maret 2018.

“Saya kira besok (hari ini) debat kandidat pertama ada dua hal yang dipersiapkan. Pertama, fisiknya yaitu panggung dan semacamnya serta semua kandidat sudah siap hadir,” ujar Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat ditemui di Sabuga, Kota Bandung, Minggu 11 Maret 2018.

Berkaitan dengan materi pertanyaan pada para kandidat, Yayat mengaku sudah menyiapkan materi yang diajukan kepada paslon dalam debat kandidat di Pilgub Jabar.

Tim perumus materi terdiri atas para guru besar dan dosen senior dari berbagai disiplin ilmu dan keahlian dari IPB, Unpar, Unisba, UI, UPI, Unpad, dan UIN SGD.

“Materi pertanyaan terkait hukum, politik, ekonomi dan pemerintahan daerah. Itu dirumuskan oleh 18 orang dari kalangan profesor, doktor, guru besar dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Jabar,” tutur Yayat. Pilgub Jabar 2018 diikuti empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yaitu Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, pasangan Deddy Mizwar- Dedi Mulyadi, pasangan Tubagus Hasanuddin- Anton Charliyan, dan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu.

Untuk debat perdana ini, kata Yayat, KPU telah menyebar 1.400 undangan. Sebanyak 800 undangan di antaranya untuk tim pendukung masing-masing paslin.

“Jadi masing-masing tim pendukung pasangan calon 200 orang. Sisanya dari pejabat pemprov, bupati/wali kota kota, DPRD, tokoh masyarakat, anggota KPU kabupaten/kota dan KPU provinsi,” jelas dia.

Selain itu, guna mengantisipasi keamanan dan ketertiban, KPU sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Kita koordinasi dengan kepolsiian agar proses keluar masuk orang tertib dan tidak kurang suatu apapun yang tidak kita inginkan,” ucapnya.

Baca juga :  Unit Reskrim Polsek Karawaci Mengamankan 1 orang Pengedar Narkoba

Debat pertama ini tentu sangat penting untuk para kandidat memperoleh suara dari rakyat, dengan memperkenalkan program-program yang mereka punya kepada masyarakat luas.

 

Sumber : liputan 6

Editor : Kiel

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru