oleh

BPK dan Pers, Bahrullah Akbar: Miliki Fungsi Sama tapi Ranah Berbeda

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – majunya suatu bangsa tidak terlepas dari adanya kontrol dari berbagi pihak. Tidak hanya itu, pemerintahpun membentuk lembaga-lembaga kontrol sesuai UUD 1945.

Seperti Lembaga Badan Pemerintah keuangan Republik Indonesia yang memang dibentuk sesuai UUD 1945 yang memang dibentuk sebagai lembaga kontrol keuangan Negara serta Insan Pers yang juga dibentuk berdasarkan UUD sebagai sosial kontrol yang masing-masing memeliki Fungsi Sama tapi Ranah Berbeda.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Prof. Bahrullah Akbar saat menerima kunjungan silaturahmi Ketua Umum Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI), Taufiq Rachman dan Sekretaris Jenderal Ikatan Media Online (IMO) Indonesia, Nasir Umar, Kamis (1/3/2018) di ruang kerjanya.

“Insan pers dan BPK memiliki fungsi yang sama sebagai alat kontrol, kendati keduanya berada di ranah yang berbeda, Kontrol yang diberikan pers sangat luas ke pelbagai sendi kehidupan bangsa, sedang BPK, hanya mengawasi anggaran,” ujar Bahrullah

Menurut Bahrul, sekalipun informasi disajikan lewat dunia maya, media online tetaplah bagian dari pers, yang salah satunya fungsi kontrol.

“Jika dilihat dari fungsinya, maka Pers dan BPK punya peran sama dalam ranah yang berbeda,” tuturnya.

Hanya saja, lanjut guru Besar IPDN itu membeberkan, BPK dibatasi pada bidang anggaran yang tertera di APBN, sementara jangkauan pers luas, termasuk penggunaan anggaran dalam pembangunan.

Karena itu, Kata Bahrullah, ada kalanya informasi dari Pers bisa menjadi petunjuk maupun tentang penyalahgunaan anggaran suatu pembangunan.

Atau sebaliknya, BPK memberikan pencerahan kepada wartawan soal anggaran, pengawasan dan audit.

“Di Humas, kita suka lakukan itu kepada wartawan,” jelas Bahrullah. (Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru