oleh

Akiabat Hujan Lebat, Longsor Terjadi Di Beberapa Titik di Daerah Padang

Padang, Kicaunews.com – Hujan lebat yang melanda kawasan Danau Maninjau, Kabupaten Agam Sumatera Barat, mengakibatkan longsor di beberapa tempat di Nagari Tanjung Sani dan Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis, 1 Maret 2018.

“Hujan lebat sejak sekitar pukul 14.00 WIB membuat aliran air besar dipenuhi material batu dan kayu dari Bukit Lakuik Bareno,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Agam Muhammad Luthfi Kamis, (1/3/18)

Dia mengatakan, longsor terjadi di Jorong Muko-Muko, Batu Anjing, Sungai Tampang, dan Sigiran sekitar pukul 15.30 WIB dan mengakibatkan putusnya akses jalan di Salingka Danau Maninjau

Bukan hanya itu, longsor juga mengakibatkan tujuh rumah terendam lumpur setinggi 50 sentimeter.

“Material longsor di jalan sudah kami bersihkan dan sudah bisa dilewati. Lumpur di beberapa rumah juga sudah dibersihkan,” tuturnya

Luthi mengatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan pembersihan material longsor pada Jumat 2 Maret 2018.

Kepala BMKG Sumatera Barat Rahmat Triyono mengatakan, sudah mengimbau BPBD di beberapa kabupaten dan kota untuk mewaspadai perkembangan cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Sumatera Barat.

BMKG Stasiun Meteorologi Minangkabau memprediksi, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda beberapa daerah di Sumatera Barat.

Ia mengatakan, cuaca ekstrem berpotensi menyebabkan terjadinya hidrometeorologi. Artinya bencana akibat cuaca yang bisa mengakibatkan genangan, banjir, banjir bandang, ataupun longsor.

sumber : langkan
editor : ruds

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru