oleh

Usai di Lantik dan Resmi Jabat Pjs Gubernur Papua, DirjenPolPum Kemendagri Disambut Secara Adat

JAYAPURA, KICAUNEW.COM — Pasca dilantik dan resmi menjabat Pjs Gubernur Papua, Soedarmo disambut secara adat ketika menginjakkan kaki di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, pada selasa (27/2) pagi sekitar pukul 06.25 WIT.

Dikutip dari Antaranews, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu didampingi sang istri langsung dijemput oleh Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Mananwir Babe Yan Pieter Yarangga, didampingi Plt Ketua I DAP Weynand Watori, Ketua DAP I wilayah Mamta Zadrak Taime, Sekretaris Adat Mamta Irenius Pepuho, dan Kabid Kerohanian DAP Mamta Ondo Abihud Yakadewa diringi tari-tarian penyambutan dan tifa.

ketika turun dari anak tangga gerbarata Bandara Sentani diarahkan untuk menginjakkan kaki di piring batu, sebagai tanda selamat datang di Bumi Cenderawasih.

Nampak ketua penjemputan Marthinus Werimon ikut mendampingi Penjabat Sementara Gubernur Papua untuk mengikuti prosesi adat, mulai dari injak piring, pengalungan bunga selamat datang dan noken, serta ikat kepala dari bulu kasuari.

Setelah itu, Soedarmo bersama istri dan rombongan berjalan menuju ruang VIP diiringi tari-tarian penyambutan dan bunyi pukulan tifa. Di depan ruang VIP, kelompok penari lain langsung menyambut Pjs Gubernur Papua itu dengan tarian yang tak kalah menarik.

Di ruang VIP, Penjabat Sementara Gubernur Papua disambut oleh Asisten Bidang Umum Setda Provinsi Papua Elysa Auri, sejumlah kepala dan sekretaris OPD di antaranya Sekretaris Dinas Kesehatan dr Silwanus Sumule, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Nova Ismiliyanto dan pejabat di lingkup Pemprov Papua.

Sekedar informasi, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengukuhkan Direktur Jenderal (dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemdagri, Soedarmo sebagai penjabat sementara (pjs) gubernur Papua.

Soedarmo ditunjuk menjadi pjs, karena Gubernur dan Wakil Gubernur (wagub) Papua, Lukas Enembe – Klemen Tinal maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wagub (pilgub) Papua 2018.

Soedarmo yang dilantik berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) 121.91-337 Tahun 2018, hanya akan menjabat hingga 9 April 2018. Setelah itu, pemerintah kembali menunjuk penjabat (pj) gubernur untuk Papua.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru