oleh

Pemilu luber dan Jurdil, Direktur Poldagri: Parpol Jadi Alat Perjuangan yang Sah Dalam Negara Demokrasi

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – pasca menetapan Nomor Urut parpol peserta Pemilu 2019 di Gedung KPU Jakarta, Minggu, seluruh pimpinan parpol berharap Pemilu mendatang berlangsung luber dan jurdil.

Berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 Pasal 22E ayat 1, Pemilihan umum dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil setiap lima tahun sekali. Itulah yang menjadi asas-asas pelaksanaan pemilu yang kemudian disingkat Luber dan Jurdil.

Tidak hanya itu, Pemilu seringkali dijadikan tolak ukur kesuksesan negara dengan sistem demokrasi seperti Indonesia serta Pemilu menjadi sarana negara demokrasi mewujudkan kedaulatan rakyat, melahirkan pemerintahan yang demokratis.

Demikian dikatakan Dr Bahtiar, M.Si saat dimintai keterangannya kepada kicaunews.com pada senin malam (19/2/2018).

Bahtiar menambahkan, Oleh karena itu semua pihak terutama penyelenggara pemilu harus menjamin bahwa pelaksanaan pemilu mendatang terlaksana langsung, umum, bebas, rahasia (luber), jujur dan adil (jurdil).

“Penyelenggara Pemilu, baik KPU, Bawaslu, maupun DKPP yang didukung oleh pemerintah dan Pemda berkewajiban menghadirkan Pemilu yang luber, jujur dan adil,” katanya.

Bahtiar mengatakan, dimana dalam proses pengambilan nomor urut partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 di Gedung KPU Jakarta, Minggu (18/2/2018) malam kemarin, sesungguhnya tercermin semangat positif dari para pimpinan parpol.

“Walau bendera parpol berbeda, namun mereka memiliki kesamaan pandangan bahwa parpol akan menjadi alat perjuangan yang sah dalam negara demokrasi,” Ujarnya.

Tidak hanya itu, sambung Birokrat bergelar Doktor itu menuturkan, dimana pasca penetapan nomor urut masing-masing partai terlihat Memiliki tujuan yang sama, berjuang untuk mencapai cita-cita bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Yang berbeda antara parpol adalah plaform dan metode perjuangannya saja menuju cita-cita tersebut,” Tandasnya. (Red)

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru