oleh

Hutan Bandung Memiliki Sekutum Bunga Bangke Baru

Kabupaten Bandung, KICAUNEWS.COM – Sekuntum bunga bangkai tumbuh di Kawasan Tamana Hutan Raya (Tahura), Ir Djuanda, Dago Pakar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Bunga bangkai berjenis Amorphophallus Titanum itu tumbuh sejak, akhir Bulan Desember tahun 2017 lalu.

Pantauan detikcom, Selasa (13/2/2018) bunga itu tumbuh di lokasi taman kelinci yang berada di Tahura. Karena dikhawatirkan dirusak oleh pengunjung bunga itu di pagari menggunakan pagar besi.

Bunga itu belum mekar, meski begitu aroma tak sedap tercium di sekitar lokasi tumbuhnya bunga bangkai tersebut. Tidak hanya itu, bunga tersebut juga dihinggapi lebah dan lalat.

Bunga yang memiliki ketinggian sekitar 140 cm itu, sengaja ditanam oleh pengelola untuk menambah koleksi flora di Tahura.

“Bunga bangkai ini hasil eksplorasi dari Cagar Alam Pananjung (Bengkulu) tahun 2006. Pertama kali di tanam, umbinya ada empat. Pertama kali mekar Agustus tahun 2010 dan ini yang kedua kalinya,” kata Staf Konservasi Tahur, Ganjar Mulyana kepada detikcom di lokasi tumbuhnya bunga bangkai itu.

Ganjar mengungkapkan, bunga bangkai tersebut bisa mekar apabila di dalam umbi yang ada di dalam bunga tersebut cukup makanan.

“Untuk tumbuh seperti ini harus menunggu 3,5-7 tahun lebih. Ini salah satu bunga raksasa, prosesnya jadi bunga ketika makanan di dalam umbi ini cukup. Prosesnya ini pun memerlukan fase yang cukup panjang atau masa dorman (mati suri) dulu sampai umbinya cukup makanan dan akan tumbuh kembali menjadi bunga seperti ini,” ungkapnya.

Ia menuturkan, bunga bangkai yang tumbuh kali ini ukurannya terbilang kecil dibandingkan bunga bangkai yang sebelumnya pernah tumbuh di tahura. Di lokasi lain, pernah tumbuh bunga bangkai yang berukuran mencapai 3 meter.

Baca juga :  Danposramil Pakisjaya Ucapkan Hari Bhayangkara ke 74 Ke Kapolsek Pakisjaya

“Kemaren malam ini sudah mekar. Kemungkinan besar akan gagal mekar sempurna, salah satunya dikarenakan faktor alam angin yang cukup besar. Malam sudah mulai mekar, karena angin jadi mengkerut lagi,” jelasnya.

Menurutnya, bunga bangkai yang ada di Tahura ini menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung. Selain itu, tumbuhnya bunga bangkai di Tahura menjadi sarana edukasi bagi para pengunjung khususnya pelajar.

“Ini salah satu daya tarik koleksi flora yang ada di kawasan Tahura,” tambahnya. (Tris)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru