oleh

Pelajar SMK Ditangkap Lantaran Menjual Hewan di Lindungi

Bogor, KICAUNews.com – Petugas BKSDA Wilayah I Bogor melakukan tangkap tangan terhadap 3 pelajar SMK di Bogor yang tengah bertransaksi hewan dilindungi. Dalam penangkapan tersebut, petugas BKSDA mengamankan 1 ekor kukang yang dipasarkan melalui media sosial.

Petugas penyidik BKSDA Wilayah 1 Bogor, Ajat Sudrajat mengatakan, ketiga pelajar tersebut ditangkap di Kelurahan Bantarkemang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Ketiganya ditangkap setelah pihaknya mendapat informasi dari media sosial yang menyebut akan ada transaksi hewan dilindungi primata jenis Kukang.

“Kita kan memang ada tim yang mengawasi media sosial juga, ini dilakukan setelah banyak terungkap kasus penjualan binatang dilindungi secara online. Terkait kasus ini, kita temukan di media sosial Facebook. Kita telusuri, kemudian kita dapat informasi akan ada transaksi di daerah Branangsiang. Kita intai dan kita lakukan penyergapan,” terang Ajat, Selasa (13/2/2018).

Dalam penangkapan tersebut, masih lanjut Ajat, diamankan 3 pemuda yang masih berstatus sebagai pelajar SMK di Kabupaten Bogor.

“Kita juga amankan satu ekor Kukang. Dari pengakuan para pelaku yang kita amankan, hewan Kukang ini katanya punya pamannya,” tambahnya.

Ajat menuturkan saat ini, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap ketiga pelajar SMK dan menunggu pemilik Kukang untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Kukang adalah satwa yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. Kukang dilarang untuk dieksploitasi, seperti diburu, dipelihara, diperjualbelikan maupun dimanfaatkan bagian tubuhnya. Ancaman hukuman memelihara kukang adalah penjara maksimal lima tahun dan denda sebesar Rp 100 juta.

Sbr: detikNews
Edtr: Riyan

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru