oleh

DELEGASI DINDIKBUD KOTA TANGSEL BERTOLAK KEJEPANG

TANGSEL, KICAUNEWS.COM – Dalam rangka memenuhi undangan Indonesia Education & Promoting Foundation (IEPF) dan Japan International Corporation Agency (JICA) Delegasi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan ( Dindikbud ) KotaTangerang Selatan bertolak ke Jepang.( 11 / 12 /Pebruari 2018 ).

Rombongan Delegasi tersebut di pimpin langsung oleh Kepala Dinas Dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan Drs. Taryono MSi yang juga di dampingi Kabid SMP Kota Tangsel, Muslim, serta mantan Kepala Ispektorat Tangsel Drs. H. Mathoda MSI. beserta delegasi lainya, untuk meng hadiri pertemuan resmi dan sharing best ptactice dengan JICA, yang bertujuan untuk
menyemarakan pendidikan di Indonesia.

Dalam agendanya tanggal 12 Feb 2018, Kadis. Dikbud. Drs. Taryono beserta rombongan melakukan kunjungan ke Itai Itai meseum untuk melihat Inspeksi Fasilitas pencegahan bencana alam di Desa Hakuba.

Pengalaman lingkungan alam Itai itai mesium yang didedikasikan untuk memperingati tragedi kontaminasi Cd pada tanah dan air di Toyama Shi. Agar semua orang dapat belajar betapa mahalnya harga yang harus dibayar karena kerusakan ekologis.

Museum yang didirikan untuk mengenang musibah “Itai Itai Toyama”. Sebuah musibah lingkungan, pencemaran air dan tanah oleh zat cadmium sebagai buangan industri tambang,” ujar Taryono kepada media ini melalui WhatApps, Senin ( 12/2-2018 ).

Menurut Taryono pada tahun 1930 cadmium limbah industri pertambangan di pegunungan Toyama, mencemari air sungai Jinju yang merupakan sumber kehidupan masyarakat Toyama, untuk air minum, mencuci, juga untuk perairan pertanian.

Akibat pencemaran tersebut, 200 orang wanita Toyama meninggal terkena penyakit yang sangat menyakitkan berupa “Itai”dalam bahasa jepang artinya sakit,” ujarnya.

Taryono juga menyebutkan banyak hal yang bisa dipelajari dari pendidikan lingkungan di Jepang.

Ia berharap kesadaran lingkungan seperti yang dimiliki oleh masyarakat Jepang bisa diajarkan dan diterapkan pada peserta didik di Kota Tangsel.

Baca juga :  Bhabinkamtibmas Desa Pucung Monitoring Giat Penyemprotan Disinfektan

Lebih lanjut Taryono mengatakan Pada agenda besok Selasa (13/2/ 2018 ) rombongan akan memghadiri Pelatihan di Toyama Clean Center insinerator sampah dan pembangkit listrik untuk beberapa daerah dilanjutkan dengan Pelatihan di SD dan SMP Kamidaki Kota Toyama. jelas Taryono. ( Tris ).

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru