Goes To School dan Campus, Wakil Ketua BPK: Ini Bentuk Komitmen Kami Kenalkan Fungsi BPK

0
Wakil Ketua BPK RI Prof Dr. Bahrullah Akbar menjadi Pembicara utama di BPK Goes to School di MAN 4 Jakarta (Dok BPK RI)
Bagikan :

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Dalam rangka terus memperkenalkan kembali Fungsi BPK di tingkat bawah, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia terus melakukan roadshow dengan Jargon Goes to School dan Goes To Campus.

“Para insan muda dan akademisi ini adalah target kami, karena di tangan merekalah masa depan bangsa ini makanya mereka harus tau betul peran fungsi BPK dalam mengkawal keuangan Negara,” Ucap Wakil Ketua BPK RI Prof. DR. Bahrullah Akbar Saat di konfirmasi Kicaunews.com Lewat Pesan WhatsApp pada Minggu malam (11/2/2018).

Lebih jauh Tokoh betawi itu membeberkan, saya ingin kader bangsa kedepan khususnya para siswa dan mahasiswa itu paham akan pentingnya pengelolaan dan transparansi keuangan Negara untuk mewujudkan pembangunan Indonesia sesuai cita-cita bangsa.

“Goes to Shool dan Goes to Campus adalah bentuk komitmen BPK dan Mudah-mudahan dengan kegiatan tersebut akan munculnya kader bangsa kedepan yang bisa meneruskan cita-cita bangsa,” Jelas Bahrullah.

Orang nomor 2 di BPK itu menambahkan, bahwa BPK memiliki peran untuk memastikan pengelolaan keuangan negara dapat mewujudkan tujuan negara, yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. “BPK mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas,” ungkapnya.

“BPK adalah lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945, Dengan demikian BPK memiliki peran untuk memastikan pengelolaan keuangan negara tersebut dapat terwujud yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” Jelasnya.​

Selain itu, Sambung Guru Besar IPDN Itu mengungkapkan, Anggota BPK juga menguraikan fungsi audit BPK, pengertian keuangan negara dan keuangan daerah, penerapan akrual basis, dan dana desa. Anggota BPK mengatakan hasil amendemen UUD 1945 memberi kekuasaan auditif kepada BPK untuk melengkapi kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif yang sudah ada selama ini.

Untuk diketahui, Sebelumnya pada kamis (8/2/2018) BPK RI Kembali menggelar BPK Goes to School di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta.

Dengan mengusung tema “Peran BPK dalam Mendorong Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Negara”, Wakil Ketua BPK RI Prof. DR. Bahrullah Akbar menjadi pembicara utama dan membeberkan fungsi BPK RI dihadapan 200 siswa.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk dialog terbuka ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya pelajar serta para pengajar mengenai tugas dan wewenang BPK serta memahami kedudukan BPK dalam ketatanegaraan.(Red)

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*