oleh

Camat Cimahi Tegaskan Kades, Alokasi Dana Desa Harus Tepat Sasaran

Kuningan, Kicaunews.com – Dana desa sejatinya digunakan untuk membiayai program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat guna meiningkatkan kapasitas dan kapabilitas sehingga desa dapat mandiri.

Tentang kegiatan pemberdayaan masyarakat desa diprioritaskan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pelaksanaan pembangunan desa, mengembangkan kapasitas masyarakat, mengembangkan ketahanan masyarakat dan mengembangkan sistem informasi.

Camat Cimahi Kabupaten Kuningan Agung Gumelar memaparkan, mengenai alokasi dana desa dan transfer belanja daerah yang berada dalam undang undang 2018 telah disahkan dalam Paripurna DPR RI dan menyepakati target pendapatan negara sebesar Rp 1.894,7 triliun dengan pagu belanja negara Rp 2220,7 triliun.

“Angka tersebut didalamnya terdapat angka untuk transfer kd daerah dan lokasi Dana Desa senilai Rp 766,2 triliun. Alokasi Dana Desa dan transfer ke daerah memiliki pokus utama untuk meningkatkan pemerataan keuangan Antar daerah, meningkatkan kualitas dan mengurangi ketimpangan kerna serta mengentaskan kemiskinan dalam penyalurannya menggunakan basis kinerja, ” ujarnya.

Tentang penggunaan dana desa, dirinya menghimbau kepada jajaran kepala desa bahwa anggaran yang dikeluarkan harus tepat sasaran.

“Dikarenakan dana desa tersebut diperuntukan untuk percepatan pembangunan desa. Penggunaan dana desa tersebut harus dapat menghasilkan pembangunan dan infrastruktur, desa harus bisa berjalan secara maksimal agar hasilnya nanti bisa dinikmati oleh masyarakat cimahi khususnya, ” imbuhnya.

Tiap desa, lanjutnya, jangan ada program dana desa yang tidak tepat sasaran harus memastikan program dana desa sesuai dengan peraturan yang sudah ada.

Untuk pencegahan dan penyelewengan penggunaan dana desa sangat perlu dilakukan guna mengejar target yakni membangun Indonesia dari pinggiran untuk memperkuat daerah dan desa.

“Dalam mewujudkan ini perlu diatur dengan menata mengelola pemerintahan dan akuntabilitas aparatur pemerintahan Desa masing masing, ” tandasnya. (Ag)

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru