oleh

Waspada, Siti Masrifah: Banyak Penjualan Obat Ilegal Via Online

Kota Tangsel, Kicaunews.com – Maraknya peredaran obat ilegal melalui internet menjadi persoalan bagi pemerintah dan masyarakat. Obat-obatan ini menjadi mudah dijangkau oleh masyarakat terlebih dikarenakan obat dijual dengan harga murah.

Menyikapi fenomena tersebut, Anggota DPR RI Komisi IX Siti Masrifah mengatakan, realitasnya memang masih banyak penjualan obat ilegal di internet.

“Semua obat yang dijual di internet itu ilegal, karena menyalahi prosedur penjualan obat, ” Kata Siti Masrifah saat dikonfirmasi Kicaunews.com melalui telepon seluler, Kamis (25/1/2018).

Siti Masrifah menjelaskan, seharusnya obat itu dibeli dengan resep dokter dan obat diterima langsung dari tangan apoteker. “Kalau online prosedur ini tidak dilalui.  Untuk kosmetik dan pangan dianggap dibolehkan dijual online asal memiliki izin edar dari BPOM, dan dinyatakan ilegal jika menyalahi itu, ” ujarnya.

Lebih rinci dirinya menuturkan, masifnya penjualan online obat dan makanan secara illegal ini terbukti dengan diblokirnya 310 situs yang menjual obat dan makanan secara illegal.

“Seperti PCC, ini sempat heboh karena  disalahgunakan baik oleh penjual maupun pemakainya. Maka dari itu DPR menginisiasi membuat RUU BPOM untuk mengatur itu semua untuk memilah yang termasuk obat keras dan tidak, ” tambahnya.

“Sejak ada kasus PCC itu mencuat, Komisi IX langsung memanggil BPOM untuk meminta penjelasan dan meminta BPOM melakukan langkah untuk pencegahan agar kejadian memakan korban tidak terjadi lagi, ” tukas Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa ini. (Jef)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru