oleh

Soal Keluhan KTP-el, Hetifah: Silahkan Datang, Rekam, Cetak dan Langsung Jadi

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) diakui masih belum maksimal dan banyak menemui kendala di lapangan. Pada berbagai daerah termasuk Kalimantan Timur masih banyak warga yang belum mendapatkan KTP-el.

Kondisi ini mengundang keprihatinan Anggota Komisi II DPR RI Hetifah Sjaifudian. Menurutnya, warga banyak mengeluhkan antrian yang panjang dan tidak ada kepastian jadinya KTP-el tersebut. Selain itu menurut Hetifah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga mendapat kendala teknis seperti kerusakan mesin cetak dan kekurangan blangko.

“Saya sering mendapat keluhan dari warga soal ini (pembuatan KTP-el). Ada yang mengeluhkan antri panjang, ada yang sudah rekam tapi tak kunjung jadi KTP-el. Padahal warga sangat butuh untuk keperluan urusan BPJS, SIM atau di Bank. Kendala lain juga biasanya mesin cetak KTP-el di Dinas Dukcapil mengalami kerusakan”, kata Hetifah.

Keluhan pembuatan KTP-el ini menjadi perhatian Hetifah. Ia pun berusaha membantu warga dalam pembuatan KTP-el.

“Saya sudah menyampaikan persoalan pembuatan KTP-el kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dan sudah disambut baik oleh Pak Dirjen Dukcapil. Nanti pada tanggal 23 dan 24 Desember kami akan membuka stand bagi warga yang mau merekam dan mencetak KTP-el”, lanjut Hetifah.

Untuk diketahui, dalam rangka Peringatan Hari Ibu, Hetifah akan menggelar acara bertema “Perempuan Peduli Pelayanan Publik”. Acara ini akan digelar di Lapangan Tepian Karang Asam Samarinda pada Sabtu 23 Desember 2017 dan Lapangan Merdeka Balikpapan pada Minggu 24 Desember 2017.

Acara tersebut dimulai pukul 07.00 hingga 15.00 wita. Dalam acara ini, Hetifah akan menyediakan stand pelayanan publik yaitu perekaman dan pencetakan KTP-el, serta pelayanan keluhan masyarakat.

“Ini saya bekerja sama dengan Dinas Dukcapil dan Ombudsman Kaltim. Saya mengundang warga untuk pembuatan KTP-el dan pengaduan pelayanan publik. Untuk masalah KTP-el, silahkan datang, rekam, cetak dan langsung jadi”, jelas Hetifah. (Rls/Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru