oleh

Berikan Pemahaman, Direktur Poldagri Beberkan UU Pemilu dan Tahapan Pelaksanaan Pemilu

KAB. BONE, KICAUNEWS.COM — Kementerian Dalam Negeri lewat Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum terus gencar mensosialisasikan UU Pemilu dan Tahapan Pelaksanaan Pemilu untuk seksesnya pesta demokrasi.

Dalam pemaparannya, Direktur Politik Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri, Dr Bahtiar MSi mengatakan secara detail terkait pentingnya partisipasi politik masyarakat menyongsong Pemilu 2018 mendatang.

“Didalam pemilu yang harus diperhatikan adalah kelembagaan, kewenangan dan tata kelola penyelenggaraan pemilu serta pengawasan, karena dalam pemilu penyelenggara lah sebagai motor utama dalam pemilu,” Terang Bahtiar saat acara di Hotel Helios Watampone Kabupaten Bone, pada senin kemarin 11/12/17.

Untuk itu, kata Bahtiar, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta semua komponen bangsa untuk menjaga kualitas pemilihan umum (pemilu) 2019. Karena, pemilu adalah salah satu pilar demokrasi sebagai wahana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis.

“UU Pemilu ini memiliki nilai yang sangat penting karena sebagai landasan hukum dalam penyelenggaraan dan suksesnya pemilu bergantung pada sejauh mana UU ini disosialisasikan dengan baik kepada penyelenggara pemilu dan stake holder terkait lainnya,” Terang Bahtiar.

Doktor Ilmu Pemerintahan itu Membeberkan, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 2 UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Pemilu nanti harus dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Semua akan tercapai apabila seluruh stakeholder saling bekerjasama dalam pelaksanaan Pemilu atas dasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta penghormatan hak-hak politik setiap warga negara,” jelasnya.

Untuk diketahui, acara tersebut dapat terlaksana berkat kerjasama Kesbangpol Kabupaten Bone dan dihadiri kurang lebih 300 peserta dari unsur OPD,Ormas, Mahasiswa dan Siswa SMA/Sederajat serta Ketua Partai Politik.

Hadir juga Bupati Bone DR. H. Andi Fahsar M Padjalangi, Ketua KPU Bone, Kabankesbangpol Kab. Bone.

Pada acara tersebut, Bupati Bone DR. H. Andi Fahsar M Padjalangi mendapat Piagam Penghargaan Atas kinerja Positif telah melakukan Pendidikan Politik Melalui Kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019 dari Kementerian Dalam Negeri Direktur jenderal Politik dan Pemerintahan Umum.

Sekedar informasi, Tahapan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 ada lima tahapan yaitu, pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye, dan dana kampanye.

Hal tersebut di atas sesuai Peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018.

Di mana dalam Peraturan komisi pemilihan umum Nomor 1 Tahun 2017, Pasal 4 disebutkan tahapan pemilihan terdiri atas tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru