oleh

Sepucuk Surat Aktivis, Untuk Kombes Pol Hendro Pandowo

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Dalam rangka penegakan hukum sesuai tafsiran Pasal (1) ayat (3) UUD 1945, upaya pembaharuan hukum dan pemantapan kedudukan, serta peranan perangkat penegak hukum negara terarah dan terpadu dibutuhkan untuk dapat mendukung pembangunan nasional. Serta kesadaran hukum dan dinamika yang berkembang dalam masyarakat Indonesia.

Bahwa pembangunan nasional di bidang penegakan hukum adalah terbentuk dan berfungsi sistem hukum nasional yang mantap, dan tentunya bersumber pada pancasila dan UUD 1945 dengan memperhatikan kemajemukan tatanan hukum yang berlaku, yang mampu menjamin kepastian.

Ketertiban, penegakan dan perlindungan hukum serta untuk memantapkan penyelenggaraan pembinaan keamanan umum dan ketentraman masyarakat dalam sistem keamanan dan ketertiban masyarakat swakarsa dengan berintikan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai penegak hukum yang profesional.

Maka dianggap perlu untuk memberikan landasan hukum yang kukuh dalam tata susunan tugas dan wewenang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Fungsi Kepolisian Republik Indonesia yang dijelaskan dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yang merupakan fungsi pemerintahan negara dibidang Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Menegakan Hukum dan Memberikan Perlindungan, Pengayoman serta Pelayanan Kepada Masyarakat hal demikian telah tercermin terhadap seorang Perwira Polri, Komiaris Besar Polisi (Kombes Pol), Hendro Pandowo yang telah mendapatkan pandangan baik dan positif dari masyarakat indonesia serta merupakan salah satu Polisi yang berdedikasi tinggi dan berprestasi di bidangnya.

Tidak hanya itu, Kombes Pol Hendro Pandowo juga saat menjabat Kapolres Jakarta Pusat terbilang humanis dan sangat dekat serta sering menjalankan sosialisasi terkait keamanan dan ketertiban kepada masyarakat khususnya Kota madya Jakarta Pusat DKI Jakarta.

Tidak hanya itu, Kombes Pol Hendro Pandowo juga seorang Polisi yang religius, di sela-sela kesibukannya menjalankan tugas sebagai Kapolres beliau menyempatkan waktu untuk menunaikan kewajibannya sebagai muslim.

Baca juga :  MUTIARA JUMAT Eggi Sudjana : " Hati Yang Berkualitas, Dengan Banyak Berdzikir "

Kemudian, Kombes Pol Hendro Pandowo sangatlah dekat dengan para aktivis pergerakan mahasiswa di DKI Jakarta dan hal ini terbukti saat menjalankan giat untuk mengamankan proses unjuk rasa, yang diselenggarakan oleh para aktivis mahasiswa dengan estimasi masa yang begitu banyak.

Kombes Pol Hendro Pandowo melakukan pendekatan yang sangat baik dan berdedikasi tinggi kepada demonstran sehingga para aktivis mahasiswa saat berunjuk rasa pun jarang terjadi chaos dan cenderung kondusif tanpa ada pihak yang merasa dirugikan.

Padahal, jakarta pusat adalah sentral pemerintahan yang rawan bergejolak saat mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa. Tidak hanya itu, saat terjadi aksi teror Bom Thamrin, sarinah jakarta pusat pada 14 januari 2016 yang menggemparkan warga negara indonesia dan memakan beberapa korban jiwa diantaranya anggota Polisi yang sedang berjaga disekitaran sarinah.

Kombes Pol Hendro Pandowo memimpin pasukan pengamanan dan akhirnya para teroris tersebut dapat dilumpuhkan oleh pihak Kepolisian. Kemudian, saat penggerebekan narkoba di berlan jakarta timur pada januari 2016, Kombes Pol Hendro Pandowo bersama tim berhasil menggerebek sarang sindikat bandar narkoba di area Berlan, Jakarta Timur.

Saat ini Kombes Pol Hendro Pandowo menjabat sebagai Kapolrestabes Bandung yang di lantik pada desember 2016 lalu, prestasi pengamanan pun telah terbukti saat Kombes Pol Hendro Pandowo bersama tim dalam menanggapi secara sigap dan cepat mengamankan aksi teror Bom yang terjadi di taman pandawa Bandung pada 27 februari 2017.

Kombes Pol Hendro Pandowo bersama tim langsung mengepung pelaku dan mengevakuasi warga disekitar kejadian. Kombes Pol Hendro Pandowo memimpin tim dan berada di barisan paling depan dengan berani dan pelaku teror Bom tersebut dapat dilumpuhkan sehingga warga menjadi aman dan suasana menjadi kondusif kembali.

Baca juga :  Aiptu Sela Laksanakan Patroli Dialogis

Bagi kalangan aktivis mahasiswa Kombes Pol Hendro Pandowo adalah seorang Polisi yang berani, berdedikasi tinggi, humanis serta bertanggung jawab penuh dalam setiap tugasnya tidak lain semuanya itu hanya untuk NKRI.

Selamat melanjutkan tugas kembali Pak, semua prestasi yang telah di torehkan pastinya akan bermakna bagi nusa dan bangsa. (Editor/Haji Merah/Redaksi).

Asep Ubaidilah
Penulis Adalah Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru