oleh

Hetifah: Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, Butuh Komitmen

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Pemerintah terus berupaya memperbaiki tata kelola pengaduan pelayanan publik. Hal ini sejalan dengan salah satu butir Nawa Cita yaitu menghadirkan negara dalam membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

Terhadap pengelolaan pengaduan yang efektif, Hetifah Sjaifudian menekankan perlunya komitmen bagi instansi pemerintah, baik kementerian dan lembaga di tingkat Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Kita harus punya komitmen dan keyakinan agar publik berani lapor. Layanan pengaduan ini menyangkut hubungan pengadu dengan yang diadukan. Harus ada penyelesaian masalah”, kata Hetifah pada Workshop review implementasi sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N), Kamis (7/12).

Hetifah pun mengakui bahwa pengelolaan pengaduan publik menemui berbagai kendala. Menurutnya kendala utama adalah masalah sumber daya manusia (SDM) pengelola dan anggaran.

“Dalam pengelolaan pengaduan ini pasti ada masalah SDM dan anggaran”, lanjut Anggota DPR RI Komisi II itu.

Berdasarkan hasil review SP4N, terdapat beberapa daerah yang belum mengalokasikan dukungan anggaran.

“Masih banyak Pemda yang tidak menganggarkan secara khusus untuk pengelolaan pengaduan. Ada 52,9 persen Pemprov yang memganggarkan. Sedangkan 47,1 persen tidak ada anggaran khusus”, kata Patnuadji, Asisten Ombudsman RI yang memaparkan hasil review SP4N.

Hetifah mendorong Pemerintah Daerah untuk memiliki layanan pengaduan terintegrasi sehingga masalah yang disampaikan dapat segera ditindaklanjuti dan diselesaikan. Ia juga meminta Pemda membuat inovasi pelayanan pengaduan agar masyarakat mendapat kemudahan. Layanan tersebut menurutnya dapat memanfaatkan teknologi informasi.

“Saya kira Pemda perlu membuat inovasi dalam pengaduan pelayanan publik. Pemda bisa membuat semacam aplikasi pelaporan yang bisa dengan mudah diakses publik”, kata Hetifah. (Haji Merah/Redaksi/rls).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru