oleh

Soal Usulan DOB, Komisi II DPR RI Akan Konsultasi Ke Presiden

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Wacana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) tetap menjadi hal strategia, san menjadi beberapa usulan daerah. Meski bgitu, Komisi II tetap meminta agar pemerintah selektif terhadap pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) itu. Hal itu dikatakan Komisi II DPR RI, Hetifah Sjaifudian.

Menyikapi usulan pembentukan DOB, Komisi II DPR RI rencananya akan melakukan konsultasi kepada Presiden. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil kesimpulan rapat antara Komisi II DPR RI dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, kamis (23/11) kemarin.

“Kita minta pemerintah selektif terhadap pembentukan DOB. Hasil kesimpulan rapat tadi, kami di Komisi II akan berkonsultasi kepada Presiden dalam waktu yang tidak lama lagi,” kata Komisi II DPR RI Hetifah.

Untuk persiapan pembentukan DOB, Hetifah menjelaskan, komisi II meminta pemerintah segera menyiapkan, semua persiapan teknis sambil menunggu kebijakan umum untuk membuka penundaan pelaksanaan pembentukan DOB secara selektif.

“Poin rapat tadi juga meminta pemerintah untuk menyiapkan hal-hal terkait persiapan pembentukan DOB. Tidak hanya di pemerintah, kami di Komisi II juga akan melakukan hal yang sama terhadap usulan DOB”,  jelas Hetifah.

Politisi Perempuan dari Partai Golkar ini, adalah Wakil Rakyat dari Dapil Kaltim-Kaltara, pada 26 Oktober 2017 lalu, Komisi II telah menerima audiensi rombongan Gunernur Kaltra, bersama anggota DPRD, kepala adat dan presidium DOB Kaltara.

Menurut Hetifah, saat ini terdapat lima daerah yang cukup mendesak, untuk dijadikan DOB di Kaliman Utara, diantaranya, Kota Sebatik, Kota Tanjung Selor, Kab. Krayan, Kab Bumi Dayak Perbatasan (Kabudaya), dan Kab. Apau Kayan.

Masih kata Hetifah menjelaskan, pada 14 september 2017 lalu, Komisi II juga telah bertemu dengan semua presidium DOB, pertemuan tersebut digelar pada acara forum ‘Rembug Daerah Pemekaran’ dan Pengukuhan Forum Komunikasi Daerah Percepatan Pembentukan DOB se-Kaltim.

Baca juga :  Brimob Jabar Sambang Desa Tangguh Wanasaba Kidul

Hetifah mengatakan, untuk di Kalimantan Timur, saat ini terdapat tiga daerah yang mendesak dimekarkan. Hetifah menyebutkan diantarnya daerah, Paser Selatan, Berau Pesisir, dan Kutai Utara.(Editor: Haji Merah/Redaksi).

Komisi II DPR RI, Hetifah, dari Fraksi Partai Golkar.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru