oleh

Penopang utama dalam Sosialisasi, KPU Kota Tangerang gandeng ICMI

KOTA TANGERANG, KICAUNEWS.COM -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menggandeng Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Kota Tangerang sosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi menerangkan pihaknya tidak bisa berjalan sendirian dalam mensosialisasikan Pilkada, guna sukses dan meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada walikota dan wakil walikota Tangerang 2018.

“Kami ingin sinergitas yang harmonis antara KPU dengan ICMI. Kami gandeng sedikitnya 70 an elemen masyarakat di Kota Tangerang. Karena organisasi inilah penopang utama dalam sosialisasi,” jelas Sanusi di hadapan para pengurus dan anggota ICMI Orda Kota Tangerang di sebuah rumah makan di tepian Danau Cipondoh, Senin petang 20 November 2017.

Mengusung slogan ‘Bersama Sukseskan’, kata Sanusi, KPU ingin dibantu dalam sosialisasi mengajak masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

Dijelaskannya, tahapan Pilkada Kota Tangerang telah masuk kepada pendaftran calon perseorangan. Namun sampai saat ini belum ada yang mendaftar menjadi calon perseorangan.

Salah satu syarat untuk calon perseorangan harus ada dukungan minimal sebanyak 73.315 dukungan fotokopi KTP.

Dikatakannya, Gerakan Saya Mencoblos adalah upaya guna mengajak masyarakat untuk mensukseskan Pilkada dengan memulai dari diri sendiri.

Sebab, terang Sanusi, kesadaran untuk turut mencoblos datangnya dari diri sendiri.

Lebih lanjut ia menerangkan, dalam proses kampanye di Pilkada Kota Tangerang, KPU akan mengedepankan yang lebih humanis.

Sementara dalam kesempatan yang sama Ketua ICMI Orda Kota Tangerang, A.Jazuli Abdillah, menjelaskan bahwa sistem pemilu dan sistem kepartaian kita tidak banyak berubah hari ini. Jumlah penduduk yang besar dan wilayah yang luas harus dikelola secara benar oleh negara, makanya kita menganut sistem Trias Politica, yaitu adanya legislatif, eksekutif dan yudikatif. Nah, tiga domain ini sangat penting dan punya relasi positif dengan Pemilu atau Pilkada.

Baca juga :  Anggota Patroli Polsek Ciampel Polres Karawang Sosialisasi Covid-19 Kepada Petugas Parkir Kawasan Suryacipta

Hadirnya KPU dan institusi publik seperti ICMI dan lain-lain harus menjadi midle institution dalam rangka menjembatani aspirasi, keluhan dan harapan masyarakat. Maka, KPU sebagai lembaga yang bersifat legal administratif harus gencar mensosialisasikan kepada masyarakat dengan aneka metode dan langkah kreatif.

Ia juga menyinggung bahwa hampir semua Parpol mensimbolkan figur personal sebagai induk keputusan internal, baik rekrutmen Caleg maupun kepala daerah.

“Kita semua harus bertanggungjawab melakukan pendidikan politik secara masif agar masyarakat pemilih makin cerdas dan terhindar praktek money politic,” pungkas Jazuli. ( tris )

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru