oleh

Goes to Campus, Bahrullah Akbar Terus Beberkan Tupoksi BPK

BANTEN, KICAUNEWS.COM — Dalam menuju cita-cita bangsa dalam hal ini lembaga Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) terus mensosialisasikan melalu Goes to Campus tentang tugas dan fungsi serta visi dan misi BPK kepada kalangan akademisi. Hal ini dimaksud untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa peran BPK sangat penting.

Dengan mengusung tema “Peran BPK dalam Mendukung Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Negara” diselenggarakan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Cilegon Banten, pada Kamis kemarin (16/11/2017)

Dalam kuliah umumnya dihadapan 200 peserta, Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Prof. Dr. Bahrullah Akbar memaparkan mengenai tugas, fungsi dan wewenang BPK. Selain itu, disampaikan pula tentang visi dan misi BPK dalam mencapai tujuan bernegara.

“BPK adalah lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945 dan Dengan tugasnya tersebut, BPK memiliki peran memastikan pengelolaan keuangan negara tersebut dapat mewujudkan tujuan negara yang dicetuskan oleh para founding fathers yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” jelasnya.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini, Kata Bahrullah Akbar yang juga guru besar di IPDN itu membeberkan, kami BPK hanya ingin memberikan pemahaman kepada publik khususnya akademisi mengenai tugas, fungsi dan wewenang BPK serta tentang keuangan negara. Selain itu, diharapkan juga dapat menjalin dialog yang positif antara BPK dan civitas akademisi sebagai langkah awal bersama-sama mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

“Tugas BPK sangat Berat, Makanya BPK membutuhkan kerjasama yang baik dalam mengkawal keuangan negara,” Jelasnya.

Untuk itu, Bahrullah Akbar menambahkan, mudah-mudahan kuliah ini dapat dipahami peserta dan timbulnya kerjasama yang baik untuk menuju cita-cita bangsa sesungguhnya. (Red)

[bpk.go.id]

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru