oleh

Teori Kepribadian Guru Syarat-syarat Kepribadian Guru

KUNINGAN, KICAUNEWS.COM–Kepribadian adalah unsur yang menemukan keakraban antara guru dan anak didik. Kepribadian guru akan tercermin dalam sikap dan perbuatannya dalam membina dan membimbing anak didik.Jadi tidak seorang pun dapat menjadi guru yang sejati (mulia) kecuali bila dia menjadikan dirinya sebagai bagian dari anak didik yang berusaha untuk memahami semua anak didik dan kata katanya.

Guru yang dapat memahami tentang kesulitan anak didik dalam belajar dan kesulitan lainnya diluar masalah belajar, yang biasa menghambat aktifitas belajar anak didik maka guru tersebut akan disenangi anak didiknya.

Guru sebagai pengajar dan pendifik memiliki kepribadian dan beragam. Setiap guru mempunyai kepribadian masing masing sesuai ciri ciri pribadi yang mereka miliki. Ciri ciri inilah yang membedakan seorang guru dengan guru lainnya. Kepribadian sebenarnya adalah masalah yang abstrak, hanya dapat dilihat lewat penampilan,tindakan, ucapan, cara berpakaian dan dalam menghadapi setiap persoalan.

Menurut Ibu Kurniasih dalam mengakhiri pembicaraannya menanbahkan,bahwa kepribadian adalah keseluruhan individu yang terdiri dari unsur fsikis dan fisik dalam makna demikian seluruh sikap dan perbuatan seseorang merupakan sesuatu gambaran dan kepribadian orang itu,asal dilakukan secara sadar.Masalah kepribadian adalah suatu hal yang sangat menentukan tinggi rendahnya kewibawaan seorang guru dalam pandangan anak didik atau masyarakat.

Untuk mengenali tentang syarat syarat kepribadian guru;

_ Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum,sosial dan kebudayaan nasional indonesia.

_ Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur berahlak mulia teladan bagi peserta didik dan masyarakat.

_ Menampilkan diri pribadi yang mantap,stabil, dewasa, arif dan berwibawa.

_ Menunjukan etos kerja tanggung jawab yang tinggi rasa bangga menjadi guru dan percaya diri.

_ Menjungjung tinggi profesi guru .

(Ag Kn)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru