oleh

Buka Suskalaknas Menwa Indonesia Angkatan VIII Tahun 2017, Danwingdiktekkal Kodiklat AU : Ini 3 Tujuan Utama Kami

KALIJATI, KICAUNEWS.COM — Kursus Kader Pelaksana Nasional (SUSKLAKNAS) Menwa Indonesia Angkatan VIII Tahun 2017 yang diselenggarakan di Wing Pendidikan Wingdiktekkal Kodiklat AU, Komplek Lanud Suryadharma Kalijati-Subang Akhirnya Resmi dibuka.

Acara yang diIkuti kurang lebih 100 Orang Kader Menwa dari perwakilan Kampus se Indonesia berlangsung dua minggu kedepan 13-25 November 2017 dibuka langsung oleh Komandan Wingdiktekkal Kodiklatau Kolonel Tek Stevanus Ervin Suryadi pada senin 13/11/2017.

Komandan Wingdiktekkal Kodiklatau Kolonel Tek Stevanus Ervin Suryadi dalam Amanatnya mengatakan, Kita ketahui bahwa keikutsertaan Resimen Mahasiswa (Menwa) dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia merupakan bagian yang terlalu penting untuk kita lupakan. Keberadaan Menwa mengalami pasang surut dalam perkembangannya.

Di tengah kondisi serba terbatas saat ini, pengabdian Menwa masih penuh semangat, tulus iklas dan profesional untuk membangun kesadaran bela negara.

Komandan Wingdiktekkal Kodiklatau Kolonel Tek Stevanus Ervin Suryadi saat memberikan Amanat di Hadapan Peserta SUSKALAKNAS Menwa Indonesia Angkatan VIII Tahun 2017

“Secara jujur harus diakui bahwa kondisi ketahanan nasional kita belum sepenuhnya menggembirakan, banyak contoh dan kenyataan sehari-hari pada seluruh bidang dan aspek kehidupan yang kita rasa dan saksikan mencerminkan betapa kondisi ketahanan nasional kita, harus kita jaga dan tingkatkan,” Ujarnya.

Dijelaskannya, Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta era globalisasi yang demikian pesat, berimplikasi terhadap semakin berkurangnya pemahaman kebangsaan pada sebagian bangsa Indonesia. “Hal ini dapat terlihat dari semakin menurunnya rasa nasionalisme dan paham kebangsaan. Rasa persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa semakin terusik dengan banyaknya tawuran dan bentrokan baik yang bersifat vertikal maupun horizontal,” Imbuhnya.

Masih dikatakannya, Upaya penguatan dan pemantapan ketahanan nasional itu harus menjadi kepedulian seluruh komponen bangsa. Salah satu komponen pendukung bangsa yang memiliki kepedulian kondisi tersebut tentunya Resimen Mahasiswa, dimana selama ini telah memberikan sumbangsih terhadap negara dalam hal keteladanan dari semua pihak dalam institusi Menwa, baik perorangan maupun kelompok di semua strata dan semua bidang kehidupan Menwa. Dengan begitu diperlukan tindakan proaktif  dan nyata dalam mewarisi nilai-nilai kejuangan’45 melalui gerakan-gerakan yang produktif  baik melalui pengabdian ilmu pengetahuan maupun ilmu olah keprajuritan di lapangan yang dilakukan secara simultan di bawah komando dari pimpinan Menwa itu sendiri.

Tentunya dalam mewarisi nilai-nilai kejuangan ’45 tidaklah semudah membalikan telapak tangan, perlu pemahaman dan kesadaran yang kuat. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas personal perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu. Dengan begitu, sudah tepat kalian para Siswa mengikuti Diklat Suskalak ini, dengan melalui tahapan pendidikan dan pelatihan kalian dapatkan pemahaman dan keterampilan dalam melihat fenomena yang berkembang.

Lebih Lanjut Kolonel Tek Stevanus Ervin Suryadi mengatakan, Pada Diklat Suskalak Menwa ada 3 (tiga) tujuan utama diadakan diklat ini, yakni:

Pertama, Meningkatkan kemampuan peserta Suskalak dalam melakukan analisa, evaluasi, integrasi, dan interpretasi di dalam berorganisasi dan bermasyarakat;

Kedua. Meningkatkan keterampilan di bidang manajemen dengan harapan agar kelak Menwa dapat menjadi pelaksana yang mempunyai kemampuan teknis dan manajerial sesuai dengan tuntutan zaman; dan,

Ketiga. Mendapatkan pengalaman, pengetahuan serta meningkatkan daya penalaran dan kesadaran pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan Negara.

“Saya berpesan kepada para Instruktur, latih dan didiklah Para Menwa ini dengan sebaik-baiknya karena mereka generasi bangsa yang potensial. Dan kepada kalian para Siswa Menwa, berlatihlah dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan ilmu yang terbaik dan jagalah kesehatan dengan baik agar kembali ke rumah kalian masing-masing dalam keadaan sehat seperti awal masuk,” Harapnya.

Untuk diketahui, Wingdiktekkal Kodiklatau, Kalijati adalah sebagai fungsi lembaga pendidikan lanjutan bagi personil TNI AU di bawah komando operasional Kodiklatau. (Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru