oleh

Dialog Politik Kemendagri di Sorong, Direktur Poldagri: Demokrasi di Indonesia Harus Sukses

SORONG, KICAUNEWS.COM – Dalam Menyongsong dan suksesnya Agenda Demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2019 mendatang dibutuhkan banyak langkah kongkrit, tidak hanya sebatas wacana tapi harus ada realisasi kongkrit kepada masyarakat dalam memberikan pemahaman-pemahaman serta sosialisasi.

Melalui Direktorat Politik Dalam Negeri, Pemerintah terus gencar untuk mensukseskan hajatan besar masyarakat Indonesia. seperti menggelar dialog politik dengan tema Memperkuat Peran Masyarakat pada Rabu kemarin (9/11) di Hotel The Belagri di Kota Sorong.

Dialog itu diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara untuk mengunakan hak pilihnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Direktur Poldagri DR. Bahtiar (Tengah) Saat Pemaparan (Dok Istimewa)

Direktur Politik Dalam Negeri, DR. Bahtiar dalam penyampaiannya memaparkan, Dialog politik ini sangat strategis untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk meningkatkan wawasan, kemampuan, kemandirian serta kedewasaan dalam upaya meningkatkan partisipasi politik masyarakat guna mensukseskan agenda besar dan hajatan besar demokrasi di Indonesia.

“dimana dengan demokrasi bisa memberi ruang kepada rakyat untuk memberikan suara dan mengungkapkan kepentingan masing-masing, namun jangan sampai melanggar hak asasi dan kepentingan orang lain,” Ujarnya.

Bahtiar menjelaskan, Indonesia sebagai negara demokrasi dengan diwarnai oleh hadirnya partai politik sebagai manifestasi dari suatu sistem politik yang mewakili aspirasi rakyat. “demokrasi menjadi indikator dalam perkembangan politik suatu negara. Suatu negara memilih demokrasi karena sistem ini diyakini akan meningkatkan kebebasan berpolitik melalui kesadaran untuk melaksanakan penyelenggaraan pergantian pimpinan,” Katanya.

“Tanpa menggunakan kekerasan, menghargai adanya keanekaragaman dan hak asasi manusia yang akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat melalui rasa aman, tentram dan damai akan bisa terealisasi,” Tandasnya.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru