oleh

Soal Kotak Suara Pemilu 2019 Transparan, Ini Menurut Direktur Poldagri

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Kotak suara Pemilu 2019 bersifat transparan. Artinya, kotak suara dapat dilihat dari luar dan dilihat oleh para pemilih serta panitia juga masyarakat, berbeda dari dalam pemilu-pemilu sebelumnya.

Hal itu tertuang dalam Pasal 341 Rancangan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu (RUU Pemilu) yang telah disahkan DPR bersama dengan pemerintah pada 20 Juli 2017.

Menurut Direktur Politik Dalam Negeri (Poldagri) Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) M Bahtiar, dimana Baru dalam sejarah pembentukan perundangan langsung melibatkan penyelenggara dalam penyusunan.

“KPU dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) selalu kita ajak terus di ruang pansus, bahkan ikut merumuskan sama-sama pasal-pasal berkaitan penyelenggaraan, termasuk jadwal,” kata Bahtiar seperti dikutip dari beritasatu.com

Bahtiar menegaskan, tak ada pembahasan pansus yang tertutup. “Tidak ada yang sama sekali tertutup. Ada sekitar 67 komponen bangsa yang diajak bicara. Paling lengkap dan komplit dan ikhlas,” tegasnya.

[beritasatu.com]

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru