oleh

Di Jambore Ormas Kota Makassar, Direktur Poldagri: Peran Ormas Sangat Penting

MAKASSAR, KICAUNEWS.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kota Makassar menggelar Jambore organisasi kemasyarakatan (Ormas) tingkat kota Makassar tahun anggaran 2017 yang berlangsung di Hotel Dinasti Kota Makassar pada Senin (30/10/2017)

Dimana Pelaksanaan Jambore Ormas Tingkat kota Makassar tahun anggaran 2017 merupakan program kerjasama pemerintah kota Makassar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Direktur Kemetrian Politik Dalam Negeri DR. Drs. Bahtiar. M.Si yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi atas diadakannya kegiatan tersebut dalam menghadapi tahapan Pilkada Serentak 2018.

“Paling tidak ini acara yang dilaksanakan pada tahapan pilkada, ini kan cara mendinamisasi masyarakat, masyarakat lebih tahu tentang agenda demokrasi yang akan diselenggarakan serta partisipasi masyarakat dalam pemilu”. Paparnya Bahtiar dalam materinya.

Bahtiar menuturkan, ini merupakan inisiatif yang terbilang kreatif dari pemerintah apalagi dilakukan menjelang pilkada serentak, saya yakin ini merupakan cara mendinasisi masyarakat untuk mengetahui apa agenda demokrasi yang sedang dilakukan, agar proses pilkada semakin berkualitas.

Didepan peserta kegiatan, bahtiar menjelaskan, bahwa secara nasional ada 101 pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung, dengan kegiatan ini kata dia bisa menjadi modal bagi pemerintah untuk lebih mempersiapkan pilkada serentak ini bisa berjalan kondusif.

“Penyelenggara tentu sangat sibuk dalam mempersiapkan ini, jadi dukungan pemerintah dan ormas setempat tentu sangat berperan penting dalam penyelenggaraannya,”tambahnya

Lebih lanjut bahtiar menegaskan, Pemerintah tanpa dukungan ormas dianggap jalan terjal dalam mewujudkan pemilu yang efisien, hal itu lantaran tenaga pegawai dalam suatu pemerintahan akan sulit untuk memberikan kontrol penuh dalam prosesnya.

Masih kata bahtiar, Sekitar 65 persen masyarakat akan turut dalam setiap pemilihan, jadi tenaga dari pemerintah tidak bakal bisa untuk mengawal itu.

“Jadi selain pemerintah dan pers, peran ormas juga sangat penting sebagai pilar demokrasi. Negara maju karena masyarakatnya juga kuat,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara Walikota Makassar yang diwakili staf ahli bidang 1 Azis Hasan,

Baca juga :  Wakili Mendagri, Direktur Poldagri Bicara Soal Indeks Demokrasi Indonesia

[kabar.news]

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru